Visit Sponsor

Written by 7:24 am Menteri

Bertemu Perwakilan Parlemen Ukraina, Menko Airlangga Hartarto Tegaskan Jaga Perdamaian Dunia

Jakarta, Rakyat Menilai +– Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menggelar pertemuan dengan Chairman of Committee on Foreign Policy and Interparliamentary Cooperation at Verkhovna Rada (Parliament) of Ukraine, Oleksandr Merezhko.

Dalam pertemuan tersebut, Airlangga menyampaikan komitmen penuh Indonesia untuk mempromosikan dan menjaga perdamaian di seluruh dunia, termasuk Ukraina. Sebab, konflik antara Rusia dan Ukraina yang terjadi hingga saat ini membawa dampak yang cukup luas, bahkan hingga ke Indonesia, termasuk menyebabkan volatilitas harga pangan dan energi.

“Karena itu, dalam menghadapi hal tersebut, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya antisipatif, terutama untuk mengatasi kelangkaan pasokan dan tingginya harga pada beberapa komoditi penting,” kata Airlangga di Jakarta, Selasa (8/8).

Ia juga menyampaikan, Indonesia turut berpartisipasi dalam inisiatif United Nations (UN) pada Global Crises Response Group (GCRG), sebagai salah satu langkah implementatif untuk mencari jalan keluar bagi berbagai kesulitan yang dihadapi dunia sebagai akibat dari konflik berkepanjangan di kawasan Eropa.

BACA JUGA

Buka Opsi Poros Keempat, PAN Serius Tawarkan Zulhas Cawapres Untuk Airlangga Hartarto

Menanggapi pernyataan tersebut, MP Merezhko menyampaikan, pihaknya telah memiliki semacam Peace Formula untuk menjaga keamanan di sektor energi dan pangan secara global.

“Ukraina juga menyelenggarakan Peace Summit guna mencari solusi perdamaina dunia ke depannya. Kami harapkan Indonesia dapat ikut berkontribusi dalam mengimplementasikan berbagai solusi perdamaian tersebut,” tuturnya.

MP Merezhko juga menjelaskan, Ukraina menjamin ekspor komoditi biji-bijian (grain) ke luar Ukraina, sebagai salah satu upaya menjaga food security dan pengendalian harga pangan dunia. Hal ini bisa dilaksanakan dengan menjamin keamanan perlintasan pengiriman komoditi dimaksud. Indonesia diharapkan dapat membantu mengupayakan realisasi hal tersebut.

Sementara itu, Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin, yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menambahkan, pihaknya mengundang Indonesia untuk berpartisipasi pada Ukraine Recovery Conference, yang fokus pada pembangunan kembali Ukraina pasca perang.

“Pertemuan pertama konferensi tersebut telah dilaksanakan pada Juni 2023 di London, Inggris. Pertemuan ini membahas berbagai isu terkait insurance, investment, sources of finance dan lainnya. Tentu kami menyambut Indonesia atas segala bantuan, termasuk untuk ketahanan pangan dan supply chain,” ujar Dubes Hamianin.

BACA JUGA

PAN Pertahankan Opsi Poros Keempat Airlangga-Zulhas Untuk Pilpres 2024

Lebih lanjut, Menko Airlangga mendorong interaksi business-to-business dapat dikembangkan lebih komprehensif lagi melalui kerja sama antar Kamar Dagang dan Industri (KADIN) kedua negara.

Pihak Ukraina juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah RI atas keberhasilan Indonesia dalam menjabat Presidensi G20 tahun 2022, dan berharap kesuksesan yang sama pada keketuaan ASEAN tahun ini. Ukraina juga menyampaikan apresiasinya atas bantuan yang telah diberikan Indonesia selama ini.

Dalam pertemuan tersebut, Menko Airlangga turut didampingi oleh Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Edi P. Pambudi. 

Artikel ini telah tayang di golkarpedia.com

(Visited 22 times, 1 visits today)