Visit Sponsor

Written by 7:41 am Parlemen

Bamsoet: Presiden Jokowi Sebut Tak Menutup Kemungkinan Ada Poros Keempat di Pilpres 2024

Jakarta, Rakyat Menilai +– Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkap isi pertemuan para pimpinan MPR dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bamsoet mengatakan dalam pertemuan itu, Jokowi dan pimpinan MPR saling menggoda soal berapa jumlah calon presiden (capres) yang akan bersaing di Pilpres 2024.

“Tadi juga kita saling menggoda di antara kami apakah dua pasang, tiga pasang, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa empat pasang katanya,” kata Bamsoet di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2023)

“Kata Pak Jokowi,” timpal Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani.

“Kata Presiden,” sambung Bamsoet.

BACA JUGA

Airlangga Hartarto Sebut ‘Poros Keempat’ Sesuai Nomor Urut 4 Partai Golkar

Hal itu pun menurut Bamsoet menjadi candaan yang menyegarkan dalam pembicaraan hubungan antar-partai. Menurutnya, hubungan politik memang harus diciptakan senyaman mungkin sehingga masyarakat melihat bahwa semua baik-baik saja di tingkat elite.

“Jadi ini candaan-candaan yang menyegarkan dalam pembicaraan hubungan antar-partai, hubungan kehidupan politik kita yang harus kita ciptakan senyaman mungkin agar masyarakat publik lihat bahwa di tingkat elite kita semua baik-baik saja, tidak ada yang perlu dipertentangkan,” tuturnya.

Selain soal Pilpres, Bamsoet mengatakan dalam rapat konsultasi dengan Jokowi itu juga dibahas perihal Sidang Tahunan MPR yang akan digelar 16 Agustus 2023 mendatang.

“Intinya adalah kita menyampaikan persiapan tentang Sidang Tahunan MPR Republik Indonesia tahun 2023 tanggal 16 mendatang plus sidang gabungan DPR dan DPD Republik Indonesia,” ujar Bamsoet.

BACA JUGA

Jika Erick Thohir Ditolak Megawati dan Prabowo, PAN Bakal Ajak Golkar Bentuk ‘Poros Keempat’

Kemudian, para pimpinan MPR disebutnya juga menyampaikan bahwa jika Gedung MPR di Ibu Kota Nusantara (IKN) selesai tahun depan, maka bulan ini merupakan terakhir Sidang Tahunan jelang 17 Agustus digelar di Jakarta. Selain itu, mereka juga menyampaikan keinginan agar Pemilu berjalan lancar.

“Tadi kita menyampaikan bahwa jika Gedung MPR di IKN selesai tahun depan maka ini adalah Sidang Tahunan MPR yang terakhir di Jakarta. Kemudian juga kami menyampaikan hal-hal yang telah kami lakukan dan akan kami kerjakan di tahun politik ini terkait dengan konstitusi, terkait dengan keinginan kita semua untuk Pemilu berjalan dengan lancar, aman, tertib dan luber,” papar Bamsoet.

Artikel ini telah tayang di detik.com pada Rabu, 09 Agu 2023 16:43 WIB dengan judul: Bamsoet: Kata Presiden, Tak Menutup Kemungkinan Pilpres Bisa 4 Pasang

(Visited 78 times, 1 visits today)