Visit Sponsor

Written by 6:55 pm Parlemen

Golkarpedia ‘Kembali’ Rilis 4 Anggota Fraksi Partai Golkar Terpopuler Periode Mei 2024

Jakarta, Rakyat Menilai — Ketua MPR RI yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet kembali meraih posisi pertama sebagai anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI terpopuler periode Mei 2024. Bamsoet memang dikenal sebagai figur legislator yang gemar menerbitkan pemberitaan.

Latar belakang Bamsoet sebagai seorang jurnalis membuatnya memahami bagaimana fungsi pemberitaan terhadap popularitas seorang figur. Bamsoet membuktikannya dengan masivitas pemberitaan membuat namanya senantiasa dikenal oleh publik. Selain itu, berita-berita yang memuat namanya juga menjadi bagian dari tugas seorang anggota DPR RI yang diwajibkan berbicara kepada publik.

Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan Mei 2024. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo. Pada Mei 2024, Bamsoet memiliki 2.293 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 15,7 juta reach.

Pemberitaan yang menyorot nama Bamsoet antara lain mengenai usulannya agar pihak swasta turut dilibatkan dalam industri pertahanan dan keamanan RI. Pemberitaan lain mengenai usulan Bamsoet agar adanya perbaikan sistem politik Indonesia. Ia beralasan sistem politik Indonesia berkaca pada pelaksanaan Pemilu 2024 tidak sesuai dengan Pancasila.

Kemudian pemberitaan mengenai rekomendasi yang akan diberikan Bamsoet agar MPR periode 2024-2029 melakukan kajian untuk mengamandemen UUD 1945 turut menjadi berita populer yang menjadi perhatian publik. Selanjutnya, apresiasi yang diberikan Bamsoet atas gagasan Prabowo untuk membentuk semacam ‘Presidential Club’. Bagi Bamsoet, gagasan ini penting untuk menjaga kondusifitas politik di Indonesia.

Di posisi kedua, ada nama Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia. Pada periode Mei 2024, Ahmad Doli Kurnia memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 603 berita di berbagai media online. Jangkauan pemberitaan mengenai Ahmad Doli Kurnia sendiri sangat besar, mencapai 3,8 juta reach.

Berita mengenai Ahmad Doli Kurnia didominasi oleh pernyataannya tentang wacana revisi UU Kementerian yang mengemuka. Dalam pernyataannya, Doli membuka peluang terkait perubahan sampai penghapusan jumlah kementerian di dalam UU tersebut. Lalu berita tentang penentangan Ahmad Doli Kurnia terhadap usulan anggota DPR RI Fraksi PDIP yang ingin melegalkan money politics.

Pemberitaan tentang penjelasan Ahmad Doli Kurnia terkait pernyataan Ketua Umum Airlangga Hartarto yang menginginkan Partai Golkar mendapat 5 kursi menteri juga menjadi berita yang populer. Doli menjelaskan bahwa pernyataan tersebut ditujukan untuk internal Partai Golkar agar menambah semangat kader menghadapi Pilkada 2024.

Urutan ketiga, ada nama Ace Hasan Syadzily yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI. Komisi VIII DPR membidangi urusan agama, sosial, kebencanaan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Pada Mei 2024 Ace Hasan Syadzily memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 450 berita dengan jangkauan mencapai 2,9 juta reach.

Berita mengenai Ace Hasan Syadzily yang juga merupakan Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat di antaranya adalah saat dirinya disambangi oleh politisi PAN Bima Arya. Dalam kesempatan tersebut, kedua tokoh ini membicarakan mengenai arah politik di Pilgub Jabar. Ace Hasan menegaskan Partai Golkar sepenuhnya mendukung Ridwan Kamil untuk bertarung di Pilgub Jabar.

Lainnya adalah pemberitaan tentang Ace Hasan yang meminta jamaah haji Indonesia agar waspada menghadapi cuaca panas ekstrem di Arab Saudi. Lalu desakan Ace Hasan terhadap Kemensos RI agar memperbaiki data penerima Bansos yang menurut pihaknya banyak penyebaran Bansos tak tepat sasaran.

Nama Dave Akbarshah Fikarno atau Dave Laksono berada di urutan keempat. Dave Laksono menggantikan posisi Lodewijk F Paulus yang sebelumnya menempati posisi ini. Untuk bulan Mei 2024, Dave Laksono memiliki 173 pemberitaan pada berbagai platform media online nasional dan daerah. Reach yang dimilikinya adalah sebesar 1,37 juta jangkauan.

Untuk periode Mei 2024, pemberitaan mengenai Dave Laksono antara lain adalah tentang klarifikasi atau penjelasan anggota Komisi I DPR tersebut terkait rencana revisi UU Pers. Dave Laksono dalam pernyataannya menegaskan bahwa revisi UU Pers tidak bermaksud untuk memberangus kebebasan pers.

Kemudian ada pula pemberitaan saat Dave Laksono menanggapi pernyataan Menko Luhut tentang orang toxic di pemerintahan Jokowi. Dave Laksono meyakinkan publik bahwa yang dimaksud oleh Luhut bukanlah menteri dari Partai Golkar, sebab menteri partai ini memiliki karya nyata di dalam kabinet pemerintahan Jokowi.

Daftar mengenai 4 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Mei 2024

  1. Bambang Soesatyo
    Ketua MPR RI
    Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
    Total: 2.293 pemberitaan
    Reach: 15,7 juta jangkauan
  2. Ahmad Doli Kurnia
    Ketua Komisi II DPR RI
    Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
    Total: 603 pemberitaan
    Reach: 3,8 juta jangkauan
  3. Ace Hasan Syadzily
    Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
    Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat
    Total: 450 pemberitaan
    Reach: 2,9 juta jangkauan
  4. Dave Laksono
    Anggota Komisi I DPR RI
    Ketua Umum PPK Kosgoro 1957
    Total: 173 pemberitaan
    Reach: 1,37 juta jangkauan.

Silahkan baca artikel sumber di golkarpedia.com

(Visited 422 times, 1 visits today)