Visit Sponsor

Written by 1:42 pm Parpol, Perempuan

Golkarpedia Merilis 4 Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Periode Agustus 2023, Siapa Sajakah Mereka?

Jakarta, Rakyat Menilai – Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika kembali bercokol di posisi pertama dalam daftar politisi dan tokoh perempuan Partai Golkar terpopuler berdasar kuantitas pemberitaan periode Agustus 2023. Kali ini Anne Ratna Mustika tampak menunjukkan tajinya sebagai salah seorang kepala daerah yang tak kenal lelah bekerja untuk rakyatnya.

Ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuknya mengingat Anne Ratna Mustika adalah seorang politisi perempuan. Dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan.

Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya. Beberapa nama perempuan hebat berada di Partai Golkar, sebut saja politisi perempuan senior Partai Golkar Popong Otje Djundjunan atau Ceu Popong, lalu ada pula nama Mien Sugandhi yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan era orde baru pada tahun 1993-1998.

BACA JUGA

Empat Bupati dan Dua Istri Gubernur Mendominasi 10 Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Bulan Mei 2024 Versi Golkarpedia

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, kami Golkarpedia.com mencoba melakukan riset terkait dengan siapa saja politisi perempuan Partai Golkar yang dikenal akrab di telinga publik.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan Agustus 2023 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini di kurun waktu periode yang kami tentukan.

Di urutan pertama, Golkarpedia.com menemukan nama Anne Ratna Mustika, politisi perempuan Partai Golkar sekaligus Bupati Purwakarta periode 2018-2023. Namanya mungkin tidak asing lagi di telinga warga Purwakarta dan Jawa Barat pada umumnya.

Anne Ratna Mustika

Popularitas Anne Ratna Mustika berdasar tools yang kami gunakan mendapat predikat terpopuler dengan mengumpulkan 481 pemberitaan selama bulan Agustus 2023. Pemberitaan yang dimilikinya menghasilkan reach mencapai 3,4 juta jangkauan.

Beberapa fokus pemberitaan yang mengulas mengenai Ambu Anne, panggilan akrabnya adalah terkait isu polusi dan penurunan kualitas udara yang dianggap serius oleh Anne Ratna Mustika. Lalu ada pemberitaan mengenai harta kekayaan Anne Ratna Mustika berdasarkan LHKPN 2022 yang dipublish ke ruang publik. Selain itu, kabar mengenai mundurnya Anne Ratna Mustika sebagai bupati untuk maju Pileg 2024 juga jadi kabar yang populer.

Di urutan kedua ada nama baru yang coba kami munculkan, yakni Atalia Praratya atau Bu Cinta, Istri dari Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat yang juga menjabat sebagai Waketum DPP Partai Golkar. Atalia Praratya kini telah resmi bergabung dengan Partai Golkar, ia juga mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI Dapil Jabar I dari Partai Golkar.

Atalia Praratya

Atalia Praratya sendiri untuk bulan Agustus 2023 berhasil meraih 303 pemberitaan, dengan capaian reach sebesar 1,5 juta jangkauan. Pemberitaan mengenai Atalia Praratya di antaranya adalah video viral Ridwan Kamil yang rela push up 50 kali demi seorang Atalia Praratya, istrinya. Kemudian penghargaan Lencana Melati untuk Atalia Praratya sebagai Kwarda Pramuka Jabar.

Perempuan kelahiran 20 November 1973 ini juga turut disorot atas kinerjanya sebagai Ketua TP-PKK Jabar. Di antaranya adalah pernyataannya mengenai imbauan Atalia kepada warga Jabar untuk taat membayar pajak. Kemudian program Sarling (Siaran Keliling) yang digagas oleh Atalia yang telah rampung dilaksanakan di 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat juga jadi pemberitaan populer.

Selanjutnya, di urutan ketiga, diisi oleh Bupati Serang yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah. Ia mendapatkan posisi ketiga dengan 246 pemberitaan selama periode bulan Agustus 2023. Reach yang dihasilkan dari pemberitaan miliknya adalah sebesar 403.316 jangkauan.

Ratu Tatu Chasanah

Pemberitaan tentang diri Ratu Tatu Chasanah banyak menyorot kinerjanya sebagai Bupati Serang, diantaranya adalah kabar kekeringan di Kabupaten Serang dan bantuan air bersih yang diberikan oleh Pemkab serta PMI Kabupaten Serang. Kemudian pemberitaan tentang kisruh monopoli harga PT. Wilmar Indonesia yang ditangani oleh Ratu Tatu sebagai pemangku jabatan tertinggi di Kabupaten Serang.

Di tempat keempat ada nama Airin Rachmi Diany, Ketua Umum KPPG (Kesatuan Perempuan Partai Golkar) dan Calon Gubernur Banten. Untuk periode Agustus 2023, Airin mendapatkan pemberitaan sebanyak 238 berita dengan jangkauan mencapai 498.609 reach.

Airin Rachmi Diany

Sebagai calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany memang banyak disorot atas persiapannya bertarung di Pilkada 2024. Diantaranya adalah kehadirannya di Politikal Fest yang dalam kesempatan itu, Airin mengajak gen Z dan milenial untuk tak Golput di Pemilu 2024. Kemudian keikutsertaan Airin Rachmi bersama ribuan warga dalam gowes sepeda di Tangsel dalam rangka peringatan HUT RI ke-78 di Tangsel.

Demikian 4 besar tokoh dan politisi perempuan Partai Golkar yang masuk dalam jajaran terpopuler dengan indikator publisitas pemberitaan selama periode tertentu. Kami memangkas jumlah figur yang dipublish dari sebelumnya 10 menjadi hanya 4 dalam rangka turut mensosialisasikan nomor urut Partai Golkar di Pemilu 2024.

Dengan terangkumnya empat besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan Agustus 2023, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak.

Kader dan Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Periode Agustus 2023 Berdasar Kuantitas Pemberitaan

1. Anne Ratna Mustika
Bupati Purwakarta
Ketua DPD II Partai Golkar Purwakarta
Total: 481 Pemberitaan
Reach: 3,4 Juta Jangkauan

2. Atalia Praratya
Ketua TP-PKK Jawa Barat
Fungsionaris Partai Golkar
Total: 303 Pemberitaan
Reach: 1,5 Juta Jangkauan

3. Ratu Tatu Chasanah
Bupati Serang
Ketua DPD I Partai Golkar Banten
Total: 246 Pemberitaan
Reach: 403.316 Jangkauan

4. Airin Rachmi Diany
Ketua Umum KPPG
Calon Gubernur Banten
Total: 238 Pemberitaan
Reach: 498.609 Jangkauan.

Silahkan baca artikel sumber di golkarpedia.com

(Visited 218 times, 1 visits today)