Visit Sponsor

Written by 7:29 am Parlemen

Golkarpedia Rilis 4 Anggota Fraksi Partai Golkar Terpopuler Periode April 2024

Jakarta, Rakyat Menilai — Ketua MPR RI yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet kembali meraih posisi pertama sebagai anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI terpopuler periode April 2024. Bamsoet memang dikenal sebagai figur legislator yang gemar menerbitkan pemberitaan.

Latar belakang Bamsoet sebagai seorang jurnalis membuatnya memahami bagaimana fungsi pemberitaan terhadap popularitas seorang figur. Bamsoet membuktikannya dengan masivitas pemberitaan membuat namanya senantiasa dikenal oleh publik. Selain itu, berita-berita yang memuat namanya juga menjadi bagian dari tugas seorang anggota DPR RI yang diwajibkan berbicara kepada publik.

Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan April 2024. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo. Pria kelahiran Jakarta ini merupakan Ketua MPR RI. Pada April 2024, Bamsoet memiliki 2.078 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 12,2 juta reach.

Pemberitaan yang menyorot nama Bamsoet antara lain mengenai keinginannya sebagai Ketua MPR RI untuk melakukan silaturahmi kebangsaan jelang transisi presiden. Nantinya seluruh lembaga tinggi negara duduk bersama untuk membicarakan persoalan bangsa. Selanjutnya pemberitaan yang turut mengangkat nama Bamsoet adalah ucapannya mengenai Indonesia yang tak membutuhkan oposisi, tetapi demokrasi gotong royong.

Pernikahan anak Bamsoet Saras Shintya Putri (Cacha) dengan vicenna Athalla Zaki Ghani Alli (Athalla) yang turut dihadiri Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin sebagai saksi nikah turut menjadi pemberitaan populer bagi diri Bamsoet. Lalu ada pernyataan Bamsoet tentang hari raya Idul Fitri sebagai momentum penguat ikatan sosial.

Di posisi kedua, ada nama Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia. Pada periode April 2024, Ahmad Doli Kurnia memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 572 berita di berbagai media online. Jangkauan pemberitaan mengenai Ahmad Doli Kurnia sendiri sangat besar, mencapai 3,8 juta reach.

Berita mengenai Ahmad Doli Kurnia didominasi oleh pernyataannya tentang pertemuan dirinya dengan Mensesneg Pratikno di Kantor Setneg untuk membahas UU Pilkada hingga evaluasi terkait pemilu. Doli juga menjawab banyak pertanyaan pewarta mengenai kabar Jokowi bakal gabung dengan Partai Golkar. Bagi Doli, Partai Golkar terbuka untuk siapapun yang ingin bergabung.

Di satu sisi Doli juga meminta internal Partai Golkar tak GR dengan kabar tersebut. Sebab hingga saat ini, Jokowi belum menyatakan mengundurkan diri dari kader PDIP. Doli juga tercatat dalam berbagai pemberitaan mengenai pernyataan soal siapa bakal calon gubernur yang bakal diusung di Pilgub Jabar.

Urutan ketiga, ada nama Ace Hasan Syadzily yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI. Komisi VIII DPR membidangi urusan agama, sosial, kebencanaan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Pada April 2024 Ace Hasan Syadzily memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 396 berita dengan jangkauan mencapai 2,9 juta reach.

Berita mengenai Ace Hasan Syadzily di antaranya adalah tentang pernyataannya di kesaksian sidang MK terkait sengketa hasil Pilpres. Dalam pernyataannya, Ace Hasan bersaksi bahwa BLT El Nino merupakan inisiasi pemerintah, bahkan Mensos ikut rapat dalam perumusan BLT El Nino.

Masih dalam kesaksian MK, Ace Hasan juga banyak disorot atas pernyataannya yang mengakui bahwa program Bansos pemerintah membuat naiknya elektoral Partai Golkar di Pemilu 2024. Kemudian di luar kesaksian MK, Ace Hasan memiliki berita tentang imbauannya agar BNPB tak gunakan hujan buatan untuk atasi kebakaran hutan dan lahan.

Nama Lodewijk F. Paulus selaku Wakil Ketua DPR RI bidang Korpolkam berada di posisi keempat. Di Partai Golkar, Lodewijk F. Paulus menduduki jabatan strategis sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar. Untuk periode April 2024, Lodewijk memiliki sebanyak 376 pemberitaan. Jangkauan yang dihasilkan dari pemberitaan sebanyak itu mencapai 1,53 juta jangkauan.

Nama Lodewijk Paulus banyak tersorot atas pernyataannya mengenai jawabannya saat ditanya apakah DPR RI ada rencana untuk merevisi UU MD3. Ada pula pemberitaan tentang tanggapan Lodewijk terkait ledakan gudang amunisi TNI AD di Bekasi. Lodewijk meminta TNI mengevaluasi sistem pergudangan amunisi agar tak terjadi kejadian serupa.

Pada April 2024 ini, berdasar riset yang kami lakukan terdapat perubahan yakni masuknya Lodewijk F. Paulus dalam jajaran terpopuler menggantikan Meutya Hafid. Dalam proses pengerjaan riset, kami menggunakan tools monitoring media bagi setiap anggota Fraksi Partai Golkar DPR. Hingga kami menemukan 4 besar figur yang memiliki jumlah pemberitaan terbanyak pada April 2024.

Daftar mengenai 4 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Periode April 2024 Berdasar Kuantitas Pemberitaan:

Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
Total: 2.078 Pemberitaan
Reach: 12,2 juta jangkauan

Ahmad Doli Kurnia
Ketua Komisi II DPR RI
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
Total: 572 Pemberitaan
Reach: 3,8 juta jangkauan

Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat
Total: 396 Pemberitaan
Reach: 2,9 juta jangkauan

Lodewijk F. Paulus
Wakil Ketua DPR RI
Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar
Total: 376 Pemberitaan
Reach: 1,53 juta jangkauan. {golkarpedia.com}

(Visited 351 times, 1 visits today)