Visit Sponsor

Written by 2:19 pm Menteri

Kabar Baik Dari Menko Airlangga Hartarto, BLT Mitigasi Risiko Pangan Rp600.000 Segera Dicairkan

Jakarta, Rakyat Menilai — Pemerintahan RI telah merilis jadwal pasti penyaluran bantuan langsung tunai, BLT Mitigasi Risiko Pangan tahun 2024.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Menko Airlangga Hartarto, merilis jadwal penyaluran BLT MRP ini yaitu mulai bulan Mei hingga Juni 2024.

Keluarga penerima manfaat (KPM) yang memiliki kartu sembako dan penerima bantuan BLT El Nino tahun 2023, menjadi sasaran utama untuk penerima bantuan ini.

BLT MRP merupakan bantuan yang diberikan kepada keluarga pra sejahtera yang datanya masuk di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Alokasi dana BLT MRP mencapai Rp11,25 Triliun, yang akan dibagikan pada 18,8 juta KPM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Setiap KPM akan mendapatkan dana BLT sebanyak Rp600.000, yang merupakan anggaran bulan April, Mei, dan Juni 2024. Diharapkan dana tersebut bisa mempertahankan daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pokok yang tidak stabil akibat inflasi ekonomi.

Efektivitas penggunaan dana diharapkan bisa maksimal untuk digunakan membeli bahan pokok, seperti beras, telur, sayur dan bahan makanan bergizi lain. Penyaluran BLT MRP akan dilakukan dengan mekanisme salur melalui 2 lembaga. Yaitu Bank Himbara dan PT Pos Indonesia.

Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa Bantuan ini hanya akan disalurkan sebanyak 1 kali di tahun 2024. Selanjutnya, pemerintah akan meninjau kembali efektivitas program bantuan ini terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Diharapkan, masyarakat bisa memanfaatkan setiap bantuan yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan kualitas ekonomi keluarga.

Masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam pemantauan penyaluran BLT Mitigasi Risiko Pangan ini, melalui aplikasi SIKS-NG milik pendamping sosial. Masyarakat bisa bertanya atau memantau SIKS-NG melalui akun media sosial baik Facebook maupun YouTube.

Semoga BLT Mitigasi Risiko Pangan ini bisa segara cair ya. 

Silahkan baca artikel sumber di {golkarpedia.com}

(Visited 123 times, 1 visits today)