Visit Sponsor

Written by 10:08 am Parlemen

Kilang Minyak Pertamina Sering Terbakar, Gandung Pardiman Usul: DPR Bentuk Panja

Anggota komisi VII DPR RI dari Fraksi Golkar, Gandung Pardiman mendorong pembentukan panitia kerja (Panja) untuk menyelesaikan persoalan kebakaran kilang minyak di Pertamina. “Saya mengusulkan pembentukan panja untuk mengungkap bagaimana permasalahan ini,” kata Gandung Pardiman, Kamis (6/4/2023).

Politisi senior partai Golkar ini memandang perlu dibentuknya Panja. Sebab, hanya dalam kurun dua tahun terakhir, sebanyak 7 kilang Pertamina mengalami kebakaran. Sehingga tegas Gandung Pardiman, peristiwa tersebut tidak bisa dianggap hanya biasa-biasa saja dan tidak bisa ditolerir lagi. “Sudah tujuh kali terbakar. Stop (peristiwa kebakaran kilang minyak harus dihentikan),” kata Gandung

“Peristiwa ini tidak sederhana, ini harus diungkap, jika diblow up habis-habisan, mungkin ramainya bisa lebih dari Rp349 Triliun (kasus pencucian uang),” sambung Gandung Pardiman.

Ketua DPD Partai Golkar DI Yogyakarya ini menyakini, jika peristiwa meledaknya kilang  Pertamina ini tidak diusut secara tuntas, bukan tidak mungkin peristiwa serupa bakal berulang kembali.

“Kalau cuma teori terus. Saya yakin ini akan terjadi lagi kebakarannya. Dan (terjadinya) kebakaran ini saya punya indikasi memang ada yang sengaja bakar agar membuat goyah pertamina secara internal,” tegas Gandung Pardiman.

“Kalau cuma teori terus. Saya yakin ini akan terjadi lagi kebakarannya. Dan (terjadinya) kebakaran ini saya punya indikasi memang ada yang sengaja bakar agar membuat goyah pertamina secara internal,”

Gandung Pardiman

Untuk diketahui, Insiden kebakaran fasilitas kilang Pertamina ini bukanlah yang pertama kali. Selain Kilang Dumai, ada 6 kejadian kebakaran sejak 2021.

Tercatat kebakaran kilang pernah terjadi di Balongan pada 29 Maret 2021, Cilacap pada 11 Juni 2021, Cilacap lagi pada 13 November 2021, Balikpapan pada 4 Maret 2022, Balikpapan lagi pada 15 Mei 2022, dan terakhir Plumpang pada 3 Maret 2023. 

Silahkan baca artikel sumber di {golkarpedia}

(Visited 5 times, 1 visits today)