Visit Sponsor

Written by 6:57 am Menteri

Wamendag Jerry Sambuaga Serukan Lawan! Kampanye Hitam Uni Eropa Untuk Bunuh ‘Sawit Indonesia’

Jakarta, Rakyat Menilai — Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga geram dengan sikap Uni Eropa yang melakukan kampanye hitam (black campaign) sawit Indonesia. Jerry mengaku akan fight total atas tindakan Uni Eropa tersebut.

“Pemerintah menyusun sosialisasi tentang sawit dan turunannya. Kita lawan itu kampanye black di seluruh Uni Eropa khususnya di Prancis, Belgia dan Jerman. Kita libatkan para pelaku usaha di Eropa, kita melakukan engagement, kita juga menadantangani petisi bersama dengan 13 dubes,” ungkap Jerry di Special Dialogue Sawit Week CNBC Indonesia, Selasa (27/6/2023).

Jerry menegaskan sawit menjadi salah satu industri andalan Indonesia, yang dampak ekonominya cukup besar bagi negara. Apalagi industri ini juga menyerap banyak tenaga kerja.

“Pemerintah menyusun sosialisasi tentang sawit dan turunannya. Kita lawan itu kampanye black di seluruh Uni Eropa khususnya di Prancis, Belgia dan Jerman. Kita libatkan para pelaku usaha di Eropa, kita melakukan engagement, kita juga menadantangani petisi bersama dengan 13 dubes,”.

Wamendag Jerry Sambuaga

“Kita yakin dan percaya tentu bahwa industri yang membuat banyak lapangan pekerjaan dan memberikan banyak efek ekonomi kepada perdagangan. Kita harus fight all out secara maksimal dan bersama-bersama dengan para pelaku usaha dan seluruh pihak yang berkepentingan dan concern kepada perkambangan industri kelapa sawit,” tegasnya.

Sebagai catatan, Uni Eropa melakukan berbagai macam cara untuk menekan produk kelapa sawit Indonesia. Cara terakhir yang mereka lakukan adalah dengan memberlakukan Undang Undang Deforestasi per 16 Mei 2023.

Selain itu, Uni Eropa juga menyerang produk kelapa sawit khususnya minyak sawit dengan kampanye negatif. Misalnya dengan isu lingkungan seperti mengancam keanekaragaman hayati (biodiversity) dan isu kesehatan karena mengandung kolesterol.

Indonesia telah memproduksi lebih dari 50 juta ton minyak sawit mentah CPO per tahun. Sebanyak 70% dari produksi tersebut mengandalkan ekspor, termasuk ke Uni Eropa. Sementara 30% menjadi konsumsi dalam negeri. Selain itu, 17 juta orang Indonesia menggantungkan hidup di industri sawit. Indonesia juga menyatakan akan melawan semua keputusan yang mendiskreditkan CPO Indonesia. 


Artikel ini sudah tayang di golkarpedia.com pada hari Rabu, 27 Juni 2023 >>Judul Artikel: Eropa Kejam Bunuh Sawit RI, Wamendag Jerry Sambuaga: Kita Lawan!

(Visited 56 times, 1 visits today)