Visit Sponsor

Written by 4:57 pm Menteri

Airlangga Hartarto Dorong Pengembangan Talenta Digital, Untuk Bersaing di Era Teknologi Digital

Toba, Rakyat Menilai-Pemerintah terus mendorong kemandirian dan kedaulatan teknologi dalam upaya mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045. Begitu juga peningkatan peran seluruh lapisan masyarakat untuk mempersiapkan Indonesia menjadi negara yang mampu bersaing di era teknologi digital.

Begitu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Wisuda dan Dies Natalis Institut Teknologi Del yang ke-22 di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Sabtu (23/9).

Institut Teknologi Del di Sumatera Utara merupakan salah satu kampus terbaik yang dimiliki Indonesia dan telah mencetak segudang prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional, terutama di bidang teknologi informasi dan rekayasa perangkat lunak.

“Nah ini yang dilakukan. Ini menjadi strategi pengembangan ekonomi digital, yang pertama SDM melalui talenta digital, dan ini terima kasih kepada Pak Luhut yang telah mendorong bahwa Del konsentrasinya di IT,” ujar Menko Airlangga.

Di hadapan 398 wisudawan Institut Teknologi Del tersebut, Airlangga juga menyampaikan bahwa fundamental ekonomi Indonesia saat ini dalam kondisi sangat baik, dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif kuat dibandingkan dengan banyak negara lainnya di dunia.

Lanjutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga mampu terjaga di atas 5 persen selama tujuh kuartal berturut-turut. Serta pada kuartal kedua tahun 2023 mencapai angka 5,17 persen.

Untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju, lanjut Ketua Umum Partai Golkar itu, hal tersebut dapat dicapai dengan transformasi digital yang memungkinkan pertumbuhan eksponensial dan lompatan pendapatan.

Di sisi lain, kata Airlangga lagi, momentum bonus demografi yang mendekati puncaknya pada tahun 2041 juga harus disambut dengan kemandirian teknologi sekaligus memenuhi labor and talent shortage global.

“Jadi ini juga menjadi satu hal yang sangat dekat dengan para alumnus Del, bahwa digital adalah masa depan. Dengan strategi yang tepat, ekonomi digital ini meningkat,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Ketua Pembina Yayasan Del Luhut Binsar Panjaitan.

Artikel ini telah tayang di golkarpedia.com

(Visited 9 times, 1 visits today)