Visit Sponsor

Written by 5:59 pm Parpol

Golkarpedia Rilis 4 ‘Politisi Muda’ Partai Golkar ‘Terpopuler’ Periode Mei 2024

Jakarta, Rakyat Menilai — Sebagai partai tertua di Indonesia, Partai Golkar cukup produktif dalam persoalan regenerasi dan pengkaderan. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya politisi-politisi muda nan produktif duduk di berbagai tingkat kepemimpinan baik eksekutif dan legislatif dari Partai Golkar.

Sebut saja nama Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo yang menjadi panglima pemberdayaan kepemudaan di tingkatan eksekutif sebagai Menpora RI. Kemudian ada nama lain seperti Dyah Roro Esti, Puteri Komarudin, Ravindra Airlangga, Adrian Jopie Paruntu di tingkatan legislatif pusat, DPR RI.

Nama lebih banyak tersebar di tingkatan kepemimpinan daerah seperti Aditya Halindra Faridzky, Roby Kurniawan, Pilar Saga Ichsan dan Dico Ganinduto sebagai kepala daerah yang memiliki usia relatif muda. Selain itu ada nama Sekar Tandjung, Ilyas Akbar Almadani, Dimaz Raditya Soesatyo, Rob Clinton Kardinal, Adiel Muhammad Kanantha, Ilham Permana dan Rian Ernest bisa jadi mewakili kelompok muda yang masih akan mekar di masa depan.

Karena merasa bahwa masa depan Partai Golkar terproyeksi cerah dengan keberadaan para politisi muda ini, kami redaksi Golkarpedia mencoba menelisik popularitas mereka dengan indikator kuantitas pemberitaan pada waktu periode tertentu, dalam hal ini periode satu bulan pemberitaan.

Pemberitaan bisa menjadi indikator penting dari popularitas seorang figur politisi. Dengan banyaknya pemberitaan maka akan semakin berpotensi pula seseorang dikenal oleh publik. Terlepas dari isu apa yang diwacanakan dalam pemberitaan tersebut, amplifikasi dari penyebutan figur dalam sebuah pemberitaan membuat masyarakat semakin mengenal tokoh tersebut.

Sedangkan untuk figur muda yang kami lakukan riset, sebelumnya kami batasi pada usia 40 tahun. Batas usia 40 tahun ini melebihi ketentuan UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan yang menyebut bahwa rentang usia muda berada di batas usia 16 sampai dengan 30 tahun. Tetapi kami memiliki alasan bahwa dalam perjalanan karir politik seseorang, pada usia 30 tahun masih belum terlalu panjang dan terlihat di ranah publik.

Berdasarkan hasil riset kami dengan mengambil sampel 15 nama politisi muda Partai Golkar yang berada pada top of mind publik, kami menemukan 4 figur utama politisi muda Partai Golkar yang memiliki jumlah pemberitaan terbanyak pada periode Mei 2024.

Untuk figur pertama ada nama Bupati Kendal, Dico Ganinduto yang berhasil menyalip dominasi Dito Ariotedjo sebagai politisi muda Partai Golkar terpopuler periode Mei 2024. Pada periode Mei 2024, Dico Ganinduto memiliki sebanyak 676 berita dengan reach mencapai 10,2 juta jangkauan atas pemberitaan yang dimilikinya.

Pemberitaan yang mendongkrak nama Dico Ganinduto selama periode Mei 2024 antara lain adalah kabar pencalonannya di Pilgub Jateng. Namanya yang terus mencuat ditambah isu bakal menggandeng pesohor seperti Raffi Ahmad di Pilgub Jateng membuat pemberitaan terkait Dico Ganinduto jumlahnya terus melesat tajam.

Masih dalam spektrum Pilgub Jateng, nama Dico Ganinduto dan Raffi Ahmad disebut-sebut mengungguli elektabilitas sejumlah calon lain pada survei yang diselenggarakan oleh Parameter Politik Indonesia (PPI). Kemudian ada pula kabar Dico Ganinduto yang bersilaturahmi dengan Muhammadiyah Jawa Tengah. Kabar ini santer mencuat kala Dico Ganinduto disebut-sebut sebagai Cagub Jawa Tengah.

Di urutan kedua, turun satu peringkat dari periode sebelumnya, ada nama Menpora RI, Dito Ariotedjo yang menyandang predikat sebagai politisi muda Partai Golkar terpopuler di bulan Mei 2024. Pada periode Mei 2024, Dito Ariotedjo memiliki pemberitaan sebanyak 664 berita dengan reach mencapai 4,04 juta jangkauan atas pemberitaan yang dimilikinya.

Jabatannya sebagai menteri membuat Dito Ariotedjo ada dalam posisi menguntungkan untuk menghasilkan banyak pemberitaan. Kami mencatat, tak seharipun website resmi Kemenpora absen untuk mengabarkan aktivitas dan kegiatan Menpora Dito Ariotedjo. Ditambah dengan amplifikasi dari berbagai media pemberitaan, maka jumlah berita terkait Dito Ariotedjo memang cukup berlimpah.

Pada Mei 2024, pria kelahiran 25 September 1990 ini banyak disorot mengenai pernyataan dan kinerjanya sebagai Menpora RI. Seperti pernyataannya yang mengapresiasi niat baik para pengusaha Indonesia yang urun tangan berpatungan untuk mendukung Timnas Sepakbola Indonesia U-23.

Selanjutnya kabar berita mengenai Menpora Dito Ariotedjo yang mendukung PBVSI dalam pengembangan dan pembinaan Voli Indonesia. Lalu kehadiran Menpora Dito Ariotedjo saat membuka WSL Krui Pro 2024 QS 5000, sebagai wujud dukungan Menpora terhadap kemajuan olahraga surfing di Indonesia.

Di posisi ketiga ada nama Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. Untuk periode Mei 2024, politisi muda Partai Golkar asal Sulawesi Utara tersebut memiliki pemberitaan sebanyak 214 berita dengan jangkauan mencapai 1,7 juta reach sepanjang periode tersebut.

Pemberitaan terkait Jerry Sambuaga diantaranya adalah pemaparan yang disampaikan oleh Wamendag saat mengunjungi Bloomberg NEF terkait dengan pertumbuhan serta potensi ekonomi Indonesia dalam industrialisasi. Selanjutnya ada kritik yang disampaikan Wamendag Jerry Sambuaga terhadap EUDR. Sebab pemberlakuan EUDR dirasa oleh Jerry Sambuaga bakal merugikan komoditas perkebunan Indonesia.

Lalu ada pula pemberitaan tentang pertemuan Wamendag Jerry Sambuaga dengan Sekjen ASEAN. Pada pertemuan tersebut, Wamendag memaparkan mengenai percepatan ekonomi digital di ASEAN. Berita saat Wamendag Jerry Sambuaga mendampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Mendag Inggris untuk membahas kerjasama bilateral dua negara juga menjadi salah satu kabar yang populer.

Nama Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky ada di urutan keempat sebagai politisi muda Partai Golkar terpopuler periode Mei 2024. Sepanjang periode Mei 2024, Aditya Halindra memiliki 139 pemberitaan dengan reach sebesar 231.690 jangkauan.

Pemberitaan mengenai Aditya Halindra antara lain terkait potensi dirinya melawan kotak kosong pada Pilkada Kabupaten 2024. Hal ini lantaran tidak adanya pendaftar dari jalur perseorangan yang mendaftarkan diri di KPUD Kabupaten Tuban. Sedangkan dari jalur partai, belum ada komunikasi politik secara intens yang berkembang untuk mengusung figur calon guna menghadapi Aditya Halindra.

Lalu berita populer lainnya adalah mengenai penghargaan yang diraih oleh Aditya Halindra atas digitalisasi birokrasi di Kabupaten Tuban. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada Aditya Halindra. Lainnya adalah jawaban nyeleneh Aditya Halindra saat ditanyakan siapa pendamping di Pilkada Tuban 2024 oleh wartawan. Saat itu ia menjawab belum ada keinginan untuk nikah.

Demikian daftar 4 politisi muda Partai Golkar terpopuler periode Mei 2024. Kami menempatkan 4 orang tokoh politisi muda Partai Golkar terpopuler dari sekian banyak nama yang kami lakukan riset. Pengambilan jumlah sebanyak 4 tokoh yang dipublikasi ini semata-mata untuk mengkampanyekan nomor urut Partai Golkar agar menjadi top of mind di masyarakat.

Daftar 4 tokoh politisi muda Partai Golkar terpopuler ini dapat terus berubah seiring waktu, sesuai dengan jumlah publikasi serta pemberitaan yang mereka peroleh pada periode waktu tertentu, dalam hal ini selama satu bulan. Diharapkan dengan adanya riset ini, generasi muda di Partai Golkar lebih dapat berkarya mengisi ruang-ruang diskursus publik dan menunjukkan taji bahwa memang Partai Golkar gudangnya anak muda inovatif dan kreatif.

Politisi Muda Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Mei 2024

  1. Dico Ganinduto
    -Bupati Kendal
    -Wasekjen DPP Partai Golkar
    Total: 676 pemberitaan
    Reach: 10,2 juta jangkauan.
  2. Dito Ariotedjo
    -Menteri Pemuda dan Olahraga RI
    -Ketua Badan Kreativitas dan Inovasi DPP Partai Golkar
    Total: 664 pemberitaan
    Reach: 4,04 juta jangkauan.
  3. Jerry Sambuaga
    -Wakil Menteri Perdagangan
    -Ketua Umum DPP AMPI
    Total: 214 pemberitaan
    Reach: 1,7 juta jangkauan.
  4. Aditya Halindra Faridzky
    -Bupati Tuban
    -Ketua DPD II Partai Golkar Tuban
    Total: 139 pemberitaan
    Reach: 231.690 jangkauan.

Silahkan baca artikel sumber di golkarpedia.com

(Visited 457 times, 1 visits today)