Visit Sponsor

Written by 3:12 pm Parpol

Jika Airlangga Tidak Jadi Cawapres Prabowo Atau Ganjar, ‘Poros Keempat’ Bakal Terbentuk

Jakarta, Rakyat Menilai – Sikap Partai Golkar yang bakal diumumkan sebelum 17 Agustus 2023 menuai spekulasi politik. Sebab, Golkar yang hingga kini masih berkoalisi dengan PAN dan PPP dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih mengupayakan terbentuknya Koalisi Besar.

Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago memprediksi bahwa partai yang dipimpin Airlangga Hartarto akan membentuk poros baru pada Pilpres 2024. Sehingga, masih terbuka kemungkinan Golkar akan menggandeng partai-partai lain untuk membentuk koalisi.

“Sebagai partai besar, punya peluang untuk Airlangga maupun Golkar membuat poros baru dengan menawarkan cawapres ke partai hal lain. Ini punya kemungkinan untuk dibentuk,” kata Arifki, Kamis, 6 Juli 2023.

BACA JUGA

SMRC: Capres-cawapres Poros Keempat Bisa Airlangga-Zulhas atau Airlangga-Erick Thohir

Kendati begitu, lanjut Arifki, Airlangga pun diyakini sudah mempertimbangkan peluang bergabung dengan poros bakal capres Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) Prabowo Subianto maupun poros bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo, sebagai bakal cawapres.

“Tapi tentu dia (Golkar) akan membuat narasi berbeda ketika misalnya tidak ada ketentuan yang menguntungkan bagi Golkar maupun Airlangga menjadi cawapres, apalagi pertarungan untuk menjadi cawapresnya Ganjar maupun Prabowo juga masih sengit,” kata Arifk.

Karena itu, Arifki menyebut Golkar akan lebih berpeluang membentuk poros baru saat mengumumkan sikap politiknya sebelum 17 Agustus 2023.

“Maka masih wajar karena sebagai partai besar punya peluang untuk Airlangga maupun Golkar untuk membuat poros baru,” ujarnya.

Artikel ini sudah tayang di portal berita VIVA.co.id pada Kamis, 6 Juli 2023 – 17:03 WIB >>Judul Artikel: Golkar Akan Tentukan Sikap, Pengamat Prediksi Bakal Terbentuk Poros Baru

(Visited 44 times, 1 visits today)