Visit Sponsor

Written by 9:30 pm Pemilu, Perempuan

Mewakili Perempuan dan Generasi Muda, PAN Solo Dorong Sekar Tandjung Maju Pada Pilkada Solo 2024

Solo, Rakyat Menilai— Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Solo Achmad Sapari mendorong Ketua DPD II Partai Golkar Kota Solo, Sekar Krisnauli Tandjung atau Sekar Tanjung, untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solo pada 2024 mendatang. Menurut dia, Sekar memiliki potensi untuk bertarung memperebutkan kursi Wali Kota Solo.

Sapari mengatakan peluang Sekar untuk maju di ajang Pilkada Kota Solo 2024 karena dia dapat mewakili kaum perempuan sekaligus generasi muda.

“Saya sebagai generasi tua ya ingin sekali untuk ke depannya Mbak Sekar bisa sebagai wakil perempuan karena Mbak Sekar punya peluang untuk itu. Bagaimana pun dari ibu-ibu banyak yang menginginkan calon wali kota perempuan, ” kata Sapari usai pertemuan antara jajaran pengurus DPD PAN Kota Solo dengan DPD II Partai Golkar Kota Solo di Rumah PAN Solo, Rabu malam, 14 Juni 2023.

“Saya sebagai generasi tua ya ingin sekali untuk ke depannya Mbak Sekar bisa sebagai wakil perempuan karena Mbak Sekar punya peluang untuk itu. Bagaimana pun dari ibu-ibu banyak yang menginginkan calon wali kota perempuan, “.

Ketua DPD PAN Kota Solo Achmad Sapari

“PAN nanti akan mendorong Mbak Sekar untuk tampil ya. Karena kalau (calon wali kota/wakil wali kota) perempuan kan nanti ibu-ibu akan memilih perempuan, dan mereka juga akan mempengaruhi anak dan suaminya. Apalagi beliau (Sekar) ini putranya tokoh Partai Golkar ya,” ungkap Sapari.

Sebagai informasi, Sekar Tanjung merupakan putri dari politikus senior Partai Golkar, Akbar Tandjung. Sekar baru terpilih sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Solo pada April lalu.

Namun demikian, Sapari mengatakan terkait Pilkada Kota Solo 2024 itu akan dipersiapkan lain waktu mengingat saat ini PAN baru berkonsentrasi untuk pemenangan Pemilihan Umum (Pemilu), termasuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2023 mendatang.

Sapari menjelaskan dalam pertemuan antara PAN dengan Golkar Rabu malam itu masih sebatas silaturahmi dan belum sampai pada tahap pembahasan koalisi partai terkait Pilkada Kota Solo 2024. Menurutnya silaturahmi kali ini dapat menjadi awal yang baik bagi arah pembangunan kota Solo ke depannya.

“Malam ini kami silaturahmi dengan Mbak Sekar mengingat beliau kan ketua DPD Golkar Solo yang baru. Otomatis kita saling silaturahmi. Tujuannya nanti kita bersinergi untuk membangun Kota Solo. Bagaimana pun di Solo ini kan kita yang mewakili di DPRD hanya lima partai ya sehingga kita harus bisa bekerja sama, bersinergi, untuk memajukan Kota Solo,” ucap Sapari.

“Malam ini kami silaturahmi dengan Mbak Sekar mengingat beliau kan ketua DPD Golkar Solo yang baru. Otomatis kita saling silaturahmi. Tujuannya nanti kita bersinergi untuk membangun Kota Solo. Bagaimana pun di Solo ini kan kita yang mewakili di DPRD hanya lima partai ya sehingga kita harus bisa bekerja sama, bersinergi, untuk memajukan Kota Solo,”.

Ketua DPD PAN Kota Solo Achmad Sapari

Sekar Tanjung juga membenarkan bahwa pertemuan Golkar dan PAN tersebut bukan untuk membahas soal koalisi dan belum ada yang final. Diakui Sekar, pertemuan dengan PAN itu kembali mengingatkannya terkait perjalanan politik partai berlambang pohon beringin itu.

“Beberapa poin yang saya dapatkan malam ini adalah bahwa kita semua saudara, jadi disampaikan tadi bahwa kita saudara tua. Dari pertemuan kami dengan beberapa partai politik sebelumnya alhamdulillah Golkar selalu dianggap sebagai saudara, kakak, saudara tua, apapun itu,” ungkap Sekar.

Sekar berpendapat itu menjadi suntikan semangat baginya yang baru terjun ke dalam politik praktis.

“Jadi itu sebuah penguatan bagi kami untuk membangun hubungan dan ekosistem yang kondusif, satu yang kami dapatkan,” kata Sekar.

Ingin memberikan kesan baik bagi generasi muda

Kini Sekar dan Golkar Solo pun semakin yakin menatap kontestasi Pemilu 2024 mendatang, termasuk untuk memberi pemahaman kepada generasi muda bahwa politik itu menyenangkan.

“Kedua adalah sama-sama kami memiliki semangat untuk membuat politik lebih senang bagi anak-anak muda khususnya agar bisa tertarik kepada politik dan nanti akhirnya berpartisipasi aktif dalam pemilu,” tutur Sekar.

Lebih lanjut Sekar menjelaskan bahwa tugas partai politik (parpol) adalah untuk menjadi motor penggerak pembangunan di sebuah kota.

“Yang ketiga bahwa kami memiliki semangat yang sama juga untuk memajukan kota solo, sebagai partai, kami adalah pelaku pembangunan di sebuah kota dan harus bisa bersinergi ketika nanti misalnya sudah terpilih sebagai anggota DPRD atau untuk kegiatan-kegiatan politik lainnya untuk bagaimana bisa membangun kota ini lebih baik lagi,” ujarnya.

Ia pun meyakini bahwa upaya-upaya yang dilakukan Golkar Solo kali ini bisa menambah perolehan kursi di DPRD Kota Solo mendatang.

“Poin yang keempat adalah sebagai partai politik harapan kami untuk bisa menaikkan kursi. Kami berharap golkar bisa menaikkan kursinya, yang saya tangkap tadi PAN juga memiliki semangat yang sama untuk PAN bisa menambah kursinya juga. Dan semoga kita dilancarkan upaya-upayanya dan bisa melalui bulan-bulan kedepan ini dengan baik, harmonis, bersaing yes tapi bermusuhan no,” kata dia.

Untuk bisa mengajukan Sekar Tanjung pada Pilkada 2024, Golkar dan PAN harus memiliki setidaknya 9 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solo dalam Pemilu 2024. Saat ini, berdasarkan hasil Pemilu 2019, kedua partai hanya memiliki masing-masing 3 kursi. Artinya, mereka harus meningkatkan perolehan kursi pada Pemillu 2024 mendatang. (Septia Ryantie)

Artikel ini sudah tayang di portal Tempo(dot)co pada hari Kamis, 15 Juni 2023 16:40 WIB

Judul Artikel: PAN Solo Dorong Sekar Tanjung Maju Pada Pilkada Solo 2024

(Visited 61 times, 1 visits today)