Visit Sponsor

Written by 12:46 pm Parlemen

Perolehan Suara Naik 25 Persen, Partai Golkar Pertahankan 5 Kursi DPRD Blora

Blora, Rakyat Menilai – Posisi Partai Golkar di Blora berhasil mempertahankan 5 kursi DPRD dari 45 kursi yang tersedia. Golkar diprediksi di masing-masing dapil memiliki 1 anggota dewan.

Selain itu, partai berlogo pohon beringin ini memiliki calon anggota dewan termuda yang masih berusia 24 tahun. Hal ini dikatakan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Blora, Siswanto.

Siswanto menyebutkan caleg termuda itu adalah Galuh Widiasih Mustikasari, seorang perempuan kelahiran 31 Januari 2000 itu juga pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Pertanian UGM Jogja.

“Kami menerima hasil dari KPU, suara Golkar kan sudah ada. Meskipun belum resmi, tapi dengan metode penghitungan -Sainte Lague- Partai Golkar mendapat 1 kursi di setiap dapil. Jadi dapat 5 kursi di Kabupaten Blora,” ucap Siswanto saat ditemui detikJateng di Ngawen Blora, Sabtu (2/3/2024).

“Mbak Galuh alhamdulillah mendapat kursi DPRD. Dia ini caleg termuda di Blora. Usianya baru 24 tahun,” jelas Siswanto.

Siswanto yang juga Wakil Ketua DPRD Blora itu menyebut Partai Golkar memperoleh total 61.430 suara partai. Suara tersebut mampu mendudukkan caleg Golkar di 5 kursi. Terdapat 1 kursi dari masing-masing dapil.

Diketahui, Blora terbagi menjadi 5 daerah pemilihan (dapil). Dapil 1 Blora (Blora, Jepon, Jiken, Bogorejo), Dapil 2 Blora (Sambong, Cepu, Kedungtuban), Dapil 3 Blora (Randublatung, Jati, Kradenan), Dapil 4 Blora (Kunduran, Todanan, Japah), Dapil 5 Blora (Tunjungan, Banjarejo, Ngawen). Menurut Siswanto yang diusung dari dapil 5 Blora ini menyebut, Golkar mendapat capaian yang maksimal yaitu mendapat 61.430 suara.

“Pileg Golkar sudah memenuhi target karena kita naik peringkat, dulu peringkat keempat sekarang peringkat 3. Sehingga ini adalah hal yang baik. Walaupun kursinya tetap tapi jumlah suaranya meningkat 25% dari 48.000 sekarang partai Golkar meningkat menjadi 61.430 suara,” sebutnya.

“Itu adalah pencapaian terbaik, dan di Jawa Tengah, Golkar Kabupaten Blora termasuk baik. Karena bisa mempertahankan jumlah kursi dan meningkatkan suara menjadi 61.430 suara. Dan mempertahankan untuk DPRD Jateng 1 kursi dan DPR RI 1 kursi sehingga masih baik,” jelas Siswanto.

Dia menyebut caleg yang berpotensi besar menduduki kursi DPRD Blora. Supardi dengan 7.213 suara, Siswanto dengan 4.414 suara, Meidi Usmanto dengan 4.331 suara, Galuh Widiasih Mustikasari dengan 4.576 suara, Siswanto 6.046 suara. Meski demikian dia tetap menunggu hasil resmi pengumuman dari KPU Kabupaten Blora.

“Caleg di hari ini Golkar, saya sendiri (Siswanto, red), Pak Haji Supardi di dapil 1, Haji Siswanto dapil 2, Pak Meidi Usmanto dapil 3, dapil 4 ada Mbak Galuh dari Kedungwungu (Kecamatan Todanan),” terang Siswanto.

Silahkan baca artikel sumber di detik(dot)com, Klik untuk baca!

(Visited 32 times, 1 visits today)