Visit Sponsor

Written by 9:31 pm Pemilu

Survei LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Diatas 40 Persen, AMIN Ungguli Ganjar-Mahfud

Jakarta, Rakyat Menilai– Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA merilis survei elektabilitas akhir tahun 2023 mengenai capres dan cawapres 2024. Hasil survei menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 43,3%.

Survei ini dilakukan pada 17-23 Desember 2023 terhadap 1.200 responden yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah yang memiliki hak pilih. Metode sampling survei adalah multi-stage random sampling.

Survei LSI Denny JA ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode tatap muka dengan kuesioner. Margin of error survei ini +- 2,9 persen. Survei juga dilengkapi dengan riset kualitatif.

Pada survei ini, Prabowo-Gibran dengan elektabilitas 43,3%, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) 25,3% dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 22,9%.

sumber: rilis hasil survei LSI Denny JA

Berikut hasil survei LSI Denny JA:
– Prabowo-Gibran 43,3%
– Anies-Cak Imin 25,3%
– Ganjar-Mahfud 22,9%
– Suara tidak sah 0,6%
– Tidak jawab/tidak tahu 7,9%

Direktur Konsultan Citra Indonesia-LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, mengatakan berdasarkan hasil survei ini, jika terjadi dua putaran maka pasangan yang sudah pasti lolos adalah Prabowo-Gibran. Sebab, Prabowo-Gibran sudah melebihi 33,3%.

“Ini adalah kalau terjadi dua putaran, maka yang sudah lolos ke putaran kedua adalah Prabowo-Gibran, statement ini sebetulnya bukan statement pertama yang kami sampaikan, bahwa awal November 2023 kami sampaikan ketika temuan survei kita pasca pendaftaran waktu itu kami sudah menyatakan pasangan Prabowo-Gibran punya potensi lolos ke putaran kedua,” kata Adjie dalam rilis survei yang disiarkan YouTube LSI Denny JA, Jumat (29/12/2023).

“Data di akhir Desember ini menunjukkan, mengkonfirmasi temuan kita sebelumnya bahwa Prabowo-Gibran jika Pilpres diadakan 2 putaran, maka pasangan yang lolos ke putaran kedua karena angkanya sudah melewati batas minimal untuk lolos ke putaran kedua yaitu itu angka 33,3%,” imbuhnya.

Adjie menyebut potensi pilpres satu putaran dan dua putaran berdasarkan survei ini masih 50%/50%. Dia menyebut Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud saling berjuang merebut posisi untuk masuk ke putaran kedua.

“Pasangan yang lain juga dalam posisi yang sama ya, kalau kemudian 2 putaran maka Pak Anies dan Cak Imin itu membutuhkan suara tambahan 8% lagi untuk bisa lolos ke putaran kedua. Sementara Ganjar-Mahfud itu butuh kurang lebih 10% lagi untuk bisa lolos ke putaran kedua,” katanya.

Artikel ini telah tayang di detik(dot)com, Klik untuk baca!

(Visited 87 times, 1 visits today)