Visit Sponsor

Written by 11:18 am Parpol

Jubir Partai Golkar: Kami Masih Melakukan Kajian dan Komunikasi Untuk Tentukan Koalisi Yang Tepat

Jakarta, Rakyat Milenial –Juru Bicara Partai Golkar Tantowi Yahya mengatakan, pihaknya masih melakukan kajian supaya memilih koalisi dan capres yang tepat untuk didukung pada Pilpres 2024.

Adapun Tantowi merespons pihak Partai Amanat Nasional (PAN) yang mengeklaim Golkar termasuk partai yang ikut berkoalisi mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres.

“Kami sekarang ini secara internal terus melakukan pengkajian-pengkajian, merapatkan komunikasi, agar tepat dalam memilih koalisi, dan mendukung capres yang sudah ada,” ujar Tantowi saat dihubungi, Senin (26/6/2023).

Tantowi menyampaikan, Golkar merupakan partai politik yang tidak mempunyai resistensi untuk menjalin koalisi dengan siapa pun, termasuk mendukung capres mana pun.

“Kami sekarang ini secara internal terus melakukan pengkajian-pengkajian, merapatkan komunikasi, agar tepat dalam memilih koalisi, dan mendukung capres yang sudah ada,”.

Juru Bicara Partai Golkar Tantowi Yahya

Sejauh ini, ada tiga bakal capres yang sudah dideklarasikan. Mereka adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

“Hak semua partai politik untuk bergabung dengan koalisi-koalisi yang sudah ada, termasuk mendukung calon presiden-calon presiden yang sudah ada,” ujar dia. Walau demikian, jika mengacu pada hasil Rakernas, kata Tantowi, Golkar saat ini masih dalam posisi mendukung Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai capres.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Melchias Markus Mekeng menyebut, pihaknya terus berkomunikasi dengan semua pihak. Hanya saja, hingga saat ini Golkar belum memutuskan dukungan capres.

“Semua kemungkinan masih terbuka, baik maju sendiri atau bergabung. Kan masih ada waktu, dan politik itu dinamis,” kata Mekeng. Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Fikri Yasin mengatakan, PAN saat ini condong untuk mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres).

“Semua kemungkinan masih terbuka, baik maju sendiri atau bergabung. Kan masih ada waktu, dan politik itu dinamis,”.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Melchias Markus Mekeng

Fikri menyebut, PAN akan berkoalisi dengan Partai Gerindra, Golkar, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Kalau soal capres dari PAN sejauh ini memang mengarah ke Pak Prabowo Subianto atas koalisi 4 partai, yaitu Gerindra, PAN, Golkar, PKB,” ujar Fikri saat dimintai konfirmasi, Senin (26/6/2023).

Hubungan dengan Gerindra Fikri menyampaikan, keempat partai memang sedang berkomunikasi dalam rangka memantapkan pondasi koalisi. Dia mengindikasikan PAN akan mendeklarasikan dukungan ke Prabowo apabila sudah disepakati oleh koalisi. “Ya berdasarkan kesepakatan koalisi,” ucap dia.

Artikel ini sudah tayang di golkarpedia.com pada hari Rabu, 27 Juni 2023 >>Judul Artikel: Tantowi Yahya: Partai Golkar Masih Mau Pilih-Pilih Capres dan Teman Koalisi

(Visited 73 times, 1 visits today)