Visit Sponsor

Written by 7:48 am Parlemen

Nusron Wahid Jadi Anggota Fraksi Partai Golkar ‘Terpopuler’ Versi Golkarpedia Periode Februari 2024

Jakarta, Rakyat Menilai– Di awal tahun hingga Pemilu 2024 usai, Nusron Wahid masih menjadi figur terpopuler sebagai anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI terpopuler periode Februari 2024. Untuk kesekian kalinya, ia berhasil mematahkan dominasi Bambang Soesatyo atau Bamsoet sebagai anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI terpopuler. Bergesernya popularitas Bamsoet oleh Nusron Wahid ini berkorelasi terhadap jabatan mantan Ketua Umum GP Ansor tersebut sebagai Sekretaris TKN Prabowo-Gibran.

Walaupun demikian, status Nusron Wahid sebagai anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI tak bisa dilepaskan begitu saja. Ia tetaplah seorang legislator yang memiliki tanggung jawab terhadap konstituen dan rakyat Indonesia.

Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan Desember 2023. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Nusron Wahid. Pria kelahiran Kudus, Jawa Tengah ini merupakan anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi persoalan di bidang industri, investasi dan persaingan usaha. pada Februari 2024, Nusron Wahid memiliki 1.248 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 12,7 juta reach.

Seperti telah diduga sebelumnya, pemberitaan tentang Nusron Wahid banyak ditopang oleh tugasnya sebagai Sekretaris TKN Prabowo-Gibran. Dalam persoalan memberi pernyataan pada pers, Nusron Wahid seperti menjadi frontman terhadap isu yang menerpa pasangan Capres-Cawapres dari Koalisi Indonesia maju ini.

Beberapa pemberitaan yang tersorot mengenai Nusron Wahid antara lain mengenai pernyataannya tentang imbauannya kepada TKN Prabowo-Gibran untuk tak jumawa menyikapi hasil Quick Count Pilpres 2024 dan mengawal ketat proses rekapitulasi suara. Kemudian ada pemberitaan mengenai bantahan Nusron Wahid yang membantah apabila kampanye akbar Prabowo-Gibran di GBK dipenuhi massa bayaran.

Ia juga banyak tersorot atas sindiran yang dikatakannya kepada Ahok. Nusron Wahid mengatakan bahwa Ahok kalau tak ngomong bakalan sakit. Pernyataan Nusron Wahid ini keluar lantaran berbagai pernyataan Ahok mengenai Jokowi dan Prabowo-Gibran. Dalam tugasnya sebagai anggota DPR RI, Nusron Wahid sempat membela pembagian Bansos yang dilakukan Jokowi dengan mengatakan bahwa kebijakan tersebut sudah tepat.

Di posisi kedua, ada nama Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet. Pada periode Februari 2024, Bamsoet memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 1.233 berita di berbagai media online. Jangkauan pemberitaan mengenai Bamsoet sendiri sangat besar, mencapai 5,5 juta reach.

Berita mengenai Bamsoet didominasi oleh pernyataannya mengenai giat politik jelang Pemilu 2024 yang dilakukannya dengan membagikan ratusan kaos dan paket makanan gratis untuk tukang becak serta warga Kebumen. Masih seputar kegiatan di Dapil, berita populer mengenai Bamsoet adalah gelaran doa bersama dan syukuran menjelang Pemilu 2024 di Kebumen.

Pemberitaan lainnya adalah mengenai pertemuan Bamsoet dengan tokoh lintas agama di Banjarnegara. Dalam kesempatan itu, Bamsoet mengajak tokoh lintas agama gaungkan pesan perdamaian. Selanjutnya ada pula tanggapan Bamsoet mengenai rencana KUA dijadikan sebagai tempat pencatatan pernikahan semua agama.

Serupa dengan daftar bulan Januari 2024, pada Februari 2024 masih ada nama Meutya Hafid selaku Ketua Komisi I DPR RI yang mengisi posisi ketiga. Komisi ini membidangi lingkup tugas di sektor pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika. Untuk periode Februari 2024, Meutya Hafid memiliki sebanyak 743 pemberitaan. Jangkauan yang dihasilkan dari pemberitaan sebanyak itu mencapai 4,5 juta jangkauan.

Nama Meutya Hafid banyak tersorot atas pernyataannya mengenai tanggapannya tentang film ‘Dirty Vote’ yang tayang di Youtube di masa tenang Pemilu 2024. Kemudian ada pula berita tentang Meutya Hafid yang mendampingi Presiden Jokowi dalam agenda peresmian Tol Danau Toba.

Cerita Meutya Hafid mengenai kedekatannya dengan Mayor Teddy yang diungkapkan melalui postingan instagram dan ditulis oleh beberapa media online juga menjadi sorotan pemberitaan populer pemberitaan tentangnya di bulan Februari 2024. Selanjutnya pendapat Meutya Hafid tentang faktor yang membuat suara Partai Golkar naik di Pemilu 2024 juga menjadi pemberitaan yang populer.

Urutan keempat, ada nama Ace Hasan Syadzily yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI. Komisi VIII DPR membidangi urusan agama, sosial, kebencanaan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Ace Hasan Syadzily pada Februari 2024, memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 497 berita dengan jangkauan mencapai 4,3 juta reach.

Berita mengenai Ace Hasan Syadzily di antaranya tentang pernyataannya yang menganggap Jokowi menjadi faktor penting proses kemenangan Partai Golkar di Pemilu 2024. Kemudian ada pemberitaan mengenai faktor yang membuat suara Partai Golkar melesat di Pemilu 2024 menurut Ace Hasan Syadzily. Bagi Ace Hasan, kerja keras kader menjadi faktor penting yang membuat suara Partai Golkar unggul.

Pernyataan Ace Hasan tentang wacana hak angket DPR terkait hasil Pemilu 2024 yang digulirkan Ganjar Pranowo menjadi sorotan populer pemberitaan di Februari 2024. Ace Hasan meminta Ganjar terlebih dahulu membuktikan adanya kecurangan sebelum berteriak agar DPR menggelar hak angket.

Pada Februari 2024 ini, berdasar riset yang kami lakukan memang tidak ada perubahan dari barisan anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI terpopuler dari bulan sebelumnya. Dalam proses pengerjaan riset, kami menggunakan tools monitoring media bagi setiap anggota Fraksi Partai Golkar DPR. Hingga kami menemukan 4 besar figur yang memiliki jumlah pemberitaan terbanyak pada Februari 2024.

Daftar mengenai 4 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Februari 2024:

Nusron Wahid
Anggota Komisi VI DPR RI
Sekretaris TKN Prabowo-Gibran
1.248 Pemberitaan
Reach: 12,7 juta jangkauan

Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
1.233 Pemberitaan
Reach: 5,5 juta jangkauan

Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI
Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar
743 Pemberitaan
Reach: 4,5 juta jangkauan

Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat
497 Pemberitaan
Reach: 4,3 juta jangkauan 

Silahkan baca artikel sumber di golkarpedia.com , Klik untuk baca!

(Visited 743 times, 1 visits today)