Visit Sponsor

Written by 6:49 am Parpol

Pakar Politik: Poros Keempat Akan Selamatkan Partai Golkar & PAN di Pileg 2024

Sebenarnya kalau menyelamatkan partai calonkan saja Airlangga-Zulkifli Hasan atau Airlangga berpasangan dengan Erick Thohir yang di-endorse PAN

Bengkulu, Rakyat Menilai — Pakar politik sekaligus akademikus Universitas Bengkulu Dr Panji Suminar menyebutkan Golkar dan PAN sebaiknya membuat poros keempat di Pemilu presiden 2024 untuk menyelamatkan partai dalam memastikan partai lolos ambang batas parlemen.

“Sebenarnya kalau menyelamatkan partai calonkan saja Airlangga-Zulkifli Hasan atau Airlangga berpasangan dengan Erick Thohir yang di-endorse PAN, membuat poros keempat di pilpres, itu akan meningkatkan soliditas partai mereka di pemilu,” kata Dr Panji Suminar di Bengkulu, Kamis.

Menurut dia, saat ini kader dua parpol tersebut gamang dengan pilihan capres mereka. Sebagian kader maupun pemilih dari Golkar dan PAN menjatuhkan pilihannya kepada sosok Anies Baswedan sebagai capres, sedangkan parpolnya lebih cenderung ke Ganjar Pranowo atau Prabowo untuk diusung.

BACA JUGA

SMRC: Capres-cawapres Poros Keempat Bisa Airlangga-Zulhas atau Airlangga-Erick Thohir

Ketika Golkar atau PAN menyatakan untuk mendukung Ganjar atau Prabowo, menurut dia, dikhawatirkan beda pilihan capres para kader dan pemilih dengan pilihan partai akan membuat parpol terbelah dan tidak solid.

Akhirnya, kinerja partai dalam mengamankan diri melampaui ambang batas parlemen tidak berjalan maksimal. Sementara, lanjut dia efek ekor jas dari sosok capres juga tidak didapat akibat dari beda pilihan tersebut.

“Dengan mencalonkan ketua-ketua umum mereka, maka para kader akan solid, suara yang tercecer ke Anies Baswedan akan kembali ke rumahnya masing-masing (ke Golkar dan PAN). Memang mereka tidak menang tapi strategi ini bagus untuk menghadapi pemilu legislatif,” kata dia.

Artikel ini sudah tayang di antaranews.com pada Kamis, 15 Juni 2023 17:24 WIB >>Judul Artikel: Pakar politik: Golkar-PAN baiknya buat poros keempat selamatkan partai

(Visited 52 times, 1 visits today)