Visit Sponsor

Written by 7:29 am Pemilu

Ravindra Airlangga di “Zona Perang”, Dapil Jabar V (Kabupaten Bogor) Bertabur Bintang

Bogor, Rakyat Menilai –– Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat (Jabar) V bakal menjadi arena “pertarungan” sengit bagi 160 calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Sejumlah politikus kondang, selebritas, mantan aktivis, hingga wakil menteri bersaing memperebutkan 9 kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di dapil yang meliputi Kabupaten Bogor ini.

Nama-nama para bakal caleg tersebut tercantum dalam Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPR RI untuk Pemilu 2024 sebagaimana tertuang dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 1039 Tahun 2023.

Salah satu yang bakal berlaga di Dapil Jabar V yakni Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Mantan Wakil Ketua DPR RI itu tercatat sebagai bakal caleg Gerindra nomor urut 1.

Dari PDI Perjuangan, ada nama aktivis ‘98 yang kini duduk sebagai anggota Komisi VII DPR RI Adian Napitupulu. Musisi Anang Hermansyah juga maju sebagai caleg PDI-P Dapil Jabar V nomor urut 5.

Pesohor lainnya, ada sosok aktor yang juga petahana legislator, Tommy Kurniawan. Sama seperti Pemilu 2019, Tommy mencalonkan diri lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ada pula aktor yang kini mengemban jabatan sebagai anggota Komisi XI DPR RI, Primus Yustisio, yang kembali maju lewat Partai Amanat Nasional (PAN).

Masih dari kalangan selebritas Tanah Air, aktor dan presenter Ramzi menjajal peruntungan lewat Partai Nasdem.

Nama lain, ada Ravindra Airlangga, putra Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Ravindra maju sebagai caleg Partai Golkar nomor urut 1.

Lalu, ada sosok Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor. Selain itu, Dapil Jawa Barat V juga diisi oleh para legislator petahana yang kini duduk di Parlemen.

Berikut sejumlah nama bakal caleg yang bakal berlaga di Dapil Kabupaten Bogor pada Pemilu Legislatif 2024:

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

  • Tommy Kurniawan – anggota Komisi VI DPR RI, aktor

Partai Gerindra

  • Fadli Zon – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, anggota Komisi I DPR RI, Ketua DPR RI periode 2014-2019
  • Mulyadi – anggota Komisi V DPR RI

PDI Perjuangan

  • Adian Napitupulu – anggota Komisi VII DPR RI, aktivis ‘98
  • Anang Hermansyah – musisi, mantan anggota Komisi X DPR RI periode 2014-2019

PARTAI GOLKAR

  • Ravindra Airlangga – anggota Komisi IV DPR RI, putra Airlangga Hartarto

Partai Nasdem

  • Partai Nasdem Ramzi – aktor, presenter

Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

  • Fahmi Alaydroes – anggota Komisi X DPR RI

Partai Amanat Nasional (PAN)

  • Primus Yustisio – anggota Komisi XI DPR RI, aktor

Partai Demokrat

  • Anton Sukartono Suratto – anggota Komisi I DPR RI
  • Kamhar Lakumani – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat

Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

  • Tama Satrya Langkun – mantan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW)

Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

  • Elly Rachmat Yasin – anggota Komisi VI DPR RI

Sebelumnya, KPU menetapkan total 9.925 bakal caleg dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024 dalam Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPR RI pada Jumat (18/8/2023).

Sebanyak 9.925 bakal caleg tersebut merupakan hasil dari 10.323 nama bacaleg yang didaftarkan pada Mei 2023 lalu. Setelah DCS diumumkan, masyarakat bisa memberikan tanggapan dan masukan hingga 28 Agustus 2023. Tanggapan dan masukan yang dimaksud seperti rekam jejak bakal caleg, latar belakang pendidikan, dan lainnya.

Atas tanggapan tersebut, KPU akan melakukan klarifikasi, sebelum menetapkan nama-nama bakal caleg dalam Daftar Calon Tetap (DCT) pada November mendatang.

Adapun hari pemungutan suara pemilu legislatif digelar secara serentak pada 14 Februari 2024 berbarengan dengan pemilu presiden.

Artikel ini telah tayang di Kompas(dot)com Klik untuk baca!

(Visited 50 times, 1 visits today)