Visit Sponsor

Written by 12:33 pm Menteri

Sebut Jokowi Bukan Kadernya Lagi, TKN Minta PDIP Tarik 6 Menterinya Biar ‘Jantan dan Bijaksana’

Jakarta, Rakyat Menilai – Belakangan, ramai pemberitaan soal tantangan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka agar PDI Perjuangan menarik semua menterinya dari kabinet Presiden Joko Widodo.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Silfester Matutina, menyampaikan hal tersebut saat menanggapi pernyataan PDI-P yang tak lagi menganggap Jokowi sebagai kader mereka. 

“Kalau begitu, kan berarti sekarang menteri-menterinya harus ditarik dong, gentleman juga. Mengatakan Pak Jokowi dan Gibran bukan anggota PDI-P, tapi kok masih betah di kabinet Jokowi? Lebih jantan, bijaksana itu PDI-P tarik seluruh menteri biar diganti sama orang-orang yang benar-benar sehati dengan Presiden Jokowi,” kata Silfester pada Rabu (24/4/2024).

Merespons ini, politikus senior PDI-P Hendrawan Supratikno menyatakan, partainya akan terus mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo hingga tuntas pada Oktober mendatang.

Menurut dia, partai berlogo banteng itu tak bisa asal mencabut dukungan bagi pemerintahan Jokowi karena itu merupakan amanat Rapat Kerja Nasional IV PDI-P. “Secara implisit, demikian (terus dukung pemerintahan Jokowi). Ini merupakan bagian dari Rekomendasi Rakernas IV PDI-P, 29 September sampai 1 Oktober 2023, butir 9,” kata Hendrawan kepada Kompas.com, Jumat (26/4/2024).

Adapun PDI-P merupakan partai pengusung Jokowi selama dua periode berturut-turut. Namun, belakangan situasi politik antara PDI-P dan Jokowi diisukan semakin memanas setelah anak sulung Jokowi yang juga kader PDI-P, Gibran Rakabuming Raka maju menjadi wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Padahal, dalam Pilpres 2024, PDI-P mendukung capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Berikut ini daftar menteri dari PDI-P dalam pemerintahan Presiden Jokowi periode 2019-2024:

1. Yasonna Laoly

Yasonna merupakan kader PDI-P yang menjabat sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Ia mulai menjabat sejak Oktober 2019.

2. I Gusti Ayu Bintang Darmavati

Bintang Darmavati yang juga dikenal sebagai Bintang Puspayoga ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Dia merupakan kader PDI-P yang dilantik sebagai menteri sejak Oktober 2019.

3. Tri Rismaharini

Presiden Jokowi menunjuk Risma, panggilan akrab Tri Rismaharini, menggantikan Juliari sebagai Menteri Sosial. Pelantikan Risma sebagai menteri dilakukan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Ia menggantikan Juliari Batubara yang telah dicopot dari jabatan menteri karena kasus korupsi bantuan sosial Covid-19 yang dilakukannya.

4. Abdullah Azwar Anas

Presiden Joko Widodo pun menunjuk Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Azwar yang merupakan kader PDI-P dilantik di Istana Kepresidenan, Jakarta, oleh Jokowi pada Rabu (7/9/2022).

Azwar menggantikan Tjahjo sebagai Menteri PAN-RB dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Tjahjo dilantik Jokowi pada Oktober 2019. Namun, ia kader PDI-P ini tutup usia pada 1 Juli 2022.

5. Teten Masduki

Presiden Joko Widodo menunjuk kader PDI-P, Teten Masduki, sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Penunjukan Teten sebagai Menteri Koperasi dan UKM diumumkan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

6. Pramono Anung

Presiden Joko Widodo juga menunjuk Pramono Anung yang merupakan kader PDI-P sebagai Sekretaris Kabinet dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Dia ditunjuk menjadi Sekretaris Kabinet sejak Jokowi mengumumkannya pada Oktober 2019.

Silahkan baca artikel sumber di kompas

(Visited 359 times, 1 visits today)