Visit Sponsor

Written by 4:02 pm Pemilu

Elektabilitas Bupati Kendal Dico Ganinduto Ungguli Ketua PDIP Jateng ‘Bambang Pacul’ Versi Survei ARCHI

Jawa Tengah, Rakyat Menilai– Sejumlah nama diprediksi bakal meramaikan gawe Pilkada Jateng 2024. Latar belakang mereka beragam mulai dari kepala lembaga negara, kepala daerah, pimpinan parpol di Jateng dan lainnya.

Sejumlah lembaga survei juga sudah mulai memotret tingkat elektabilitas sejumlah nama itu. Salah satunya Lembaga ARCHI Research and Strategy.

Berdasar hasil survei terbaru ARCHI, nama Hendrar Prihadi (Hendi) masih menempati peringkat pertama Cagub Jateng dengan elektabilitas tertinggi. Lalu disusul KH Muhammad Yusuf Chudlori. Hasil survei ARCHI juga menempatkan  Bupati Kendal Dico M Ganinduto di posisi ketiga.

Dico M Ganinduto yang saat ini menduduki posisi ketiga berhasil mengungguli lima nama cagub lainnya. Tingkat elektabilitas Dico Ganinduto bahkan di atas Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono atau Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto atau akrab disapa Bambang Pacul.

Sebelumnya, nama Gibran Rakabuming Raka, Walikota Solo dalam berbagai survei berada di peringkat teratas. Namun, Gibran dipastikan tidak akan mengikuti kontestasi Pilgub Jateng 2024 setelah Prabowo-Gibran dinyatakan pemenang oleh KPU dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Wakil Presiden 2024.

Selain di Jateng, ARCHI Center melakukan penelitian di empat provinsi besar di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur.

Hadi Kusuma, CEO ARCHI Research and Strategy kepada wartawan pada Rabu (27/3/2024), mengatakan lima provinsi ini menjadi barometer peta politik nasional. “Lima provinsi besar menjadi barometer suara nasional. Kami menelepon responden untuk opini publik,” ujarnya.

Metode survei ini menggunakan metode sampling dengan sekitar 400 responden dengan engambilan data melalui telesurvey. Margin of error 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei dilakukan terhadap 49,01 persen laki-laki dan 50,99 persen perempuan dengan rentang usia 17-56 tahun ke atas. Saat responden diberikan pernyataan terkait “Siapakah Calon Gubernur Provinsi Jawa Tengah yang akan Anda Pilih dalam Pilkada 2024?”

Berikut Hasil Survei Pilgub Jateng ARCHI 2024:

  1. Hendrar Prihadi (Hendi), Kepala LKPP RI dan Mantan Walikota Semarang : 23,21 persen
  2. KH Muhammad Yusuf Chudlori, Ketua DPW PKB Jateng : 16,07 persen
  3. Dico Ganindito, Bupati Kendal : 13,39 persen
  4. Sudaryono, Ketua DPD Gerindra Jateng : 10,71 persen
  5. Taj Yasin Maimoen, Wagub Jateng : 7,14 persen
  6. Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) , Anggota DPR RI : 6,25 persen
  7. Sudirman Said, Mantan Menteri ESDM : 5,36 persen

Sementara responden lainnya yang belum menentukan pilihan sebanyak 17,86 persen.

Berikut Profil Lengkap Dico M Ganinduto:

Dico M Ganinduto lahir pada 19 Februari 1990 dan merupakan suami dari seorang artis Chaca Frederica. Pada tanggal 26 Februari 2021, Dico dilantik menjadi Bupati Kendal periode 2021 hingga 2024.

Dico M Ganinduto memiliki latar belakanng sebagai seorang pengusaha yang kemudian mencalonkan diri dalam pemilihan calon legislatif DPR RI Dapil 1 Jawa Tengah pada tahun 2018.

Dico juga menjabat sebagai Presiden PERMIAS atau Persatuan Mahasiswa Indonesia Amerika Serikat di University of Tulsa pada tahun 20211 hingga 2012 lalu.

Dico dilahirkan dari keluarga asli Jawa Tengah, dari ayah bernama Dito Ganinduto yang berasal dari Purwokerto dan ibu yang bernama Tri Laksmi Widhyastuti asal Semarang.

Kehidupan politik sudah dikenalkan oleh ayahnya dari umur Dico saat berusia 14 tahun, ketika mengikuti kegiatan ayahnya sebagai politisi dan anggota legislatif di DPR RI

Dico lulus pendidikan dasar di SD Al-Azhar Jakarta pada tahun 2002, kemudian melanjutkan di SMP Global Jaya Bintaro, Jakarta Selatan.

Seusai menempun pendidikan menengah pertama, Dico Melanjutkan pendidikan setingkat SMA di Pendleton School, Florida, Amerika Serikat.

Kehidupan di Amerika Serikat mendorong Dico untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di University of Tulsa dengan program studi Teknik Perminyakan.

Karier Dico Ganinduto dimulai tahun 2018 ketika mendaftarkan diri sebagai anggota Partai DPP Partai Golongan Karya. Pada tahun 2019, Ia terpilih menjadi Wakil Sekjen DPP Golkar periode 2019 – 2024. Selain itu, Dico aktif menjadi salah satu pengurus di PP AMPG dan menjadi Ketua Gema Partai Golkar.

Pada 26 Februari 2021, Dico Ganinduto dilantik sebagai Bupati Kendal berpasangan dengan Windu Suko Basuki yang diusung oleh Golkar, Demokrat, PKS, PAN, dan Perindo.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Aksara Research and Consulting Dico M Ganinduto memperoleh poin yang cukup tinggi yakni sebesar 5,1 persen menempati posisi kelima dari sejumlah nama dalam pemlilihan Calon Gubernur Jawa Tengah tahun 2024. 

Silahkan baca artikel sumber di golkarpedia.com

(Visited 145 times, 1 visits today)