Visit Sponsor

Written by 9:32 pm Parlemen

Gandung Pardiman Gandeng BRIN, Gelar Pelatihan Teknologi Pengolahan Pangan di Umbulharjo

Jakarta, Rakyat Menilai – Sekitar 210 warga Umbulharjo Kota Yogyakarta yang sebagian besar merupakan penggiat usaha pengolahan pangan mengikuti pelatihan teknologi pengolahan pangan di gedung pertemuan Ajisaka Resto, Giwangan Umbulharjo Yogyakarta, Selasa (22/8).

Pelatihan ini terselenggara berkat kerjasama anggota Komisi VII DPR RI Gandung Pardiman dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam rangka peningkatan kapasitas pengguna riset dan inovasi untuk masyarakat.

Pelatihan menghadirkan narasumber Ambar Dwi K STP MP (Perekayasa Muda pada Pusat Riset Agroindustri BRIN). Turut hadir Dr Muh Amin (Plt Direktur Kemitraan Riset dan Inovasi BRIN) beserta jajaran, Agus Mulyono (Ketua DPD Partai Golkar Kota Yogyakarta) dan Ahmad Aribawa (Ketua Yayasan Gandung Pardiman Center/GPC Kota Yogyakarta sekaligus ketua penyelenggara).

Dalam pelatihan ini, peserta tidak hanya mendapatkan ilmu dan keterampilan, tapi juga mendapat bingkisan sembako, bantuan dari Drs HM Gandung Pardiman MM (Anggota Komisi VII DPR RI) bersama SKK Migas-KKKS.

BACA JUGA

Gandung Pardiman Optimis Pasangan PRAGA (Prabowo Airlangga) Menang di Pilpres 2024

Gandung Pardiman menuturkan, pelatihan teknologi pengolahan pangan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Menurutnya, sektor UMKM terbukti tangguh menghadapi berbagai macam krisis (ekonomi maupun pandemi covid-19), sehingga mampu menjadi penopang perekonomian nasional.

“Maka dari itu, saya bersama Agus Mulyono dan Ahmad Aribawa bersungguh-sungguh untuk mengembangkan sektor UMKM di Kota Yogyakarta ini, antara lain melalui pelatihan-pelatihan pengembangan usaha memanfaatkan teknologi,” ungkap Gandung Pardiman.

Lebih lanjut dijelaskan Gandung, pelatihan ini tidak berhenti sampai disini. Untuk menumbuhkan kreativitas pengolahan pangan, dirinya akan menyelenggarakan lomba pembuatan nuget bagi para peserta, berhadiah total Rp 20 juta. Sebelumnya Gandung Pardiman telah mengadakan lomba industi pangan kecil di Gunungkidul dan lomba budidaya pisang cavendish di Bantul.

Muh Amin sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Gandung Pardiman selaku Anggota Komisi VII DPR RI yang telah mamfasilitasi kegiatan ini. Melalui pelatihan ini teknologi dan pengetahuan yang dimiliki BRIN menjadi semakin mudah diakses masyarakat. “Melalui pelatihan ini diharapkan masyarakat meningkat kapasitasnya dalam memanfaatkan inovasi yang dihasilkan BRIN,” katanya.

BACA JUGA

Gandung Pardiman Minta Kepala BRIN Pecat Oknum Yang Ancam Bunuh Warga Muhammadiyah

Ahmad Aribawa (Calon Anggota DPRD Kota Yogyakarta dari Partai Golkar) mengapresiasi tingginya minat warga Umbulharjo mengikuti pelatihan. Hal ini membuktikan bahwa para penggiat pengolahan pangan ingin terus berinovasi sehingga produknya semakin diminati pasar. Aribawa juga menuturkan, bahwa pelatihan pengolahan pangan ini akan diikuti pelatihan pengemasan produk yang baik, juga pemasaran produk secara online.

Sementara itu, Agus Mulyono (Calon Anggota DPRD DIY dari Partai Golkar) menuturkan, setelah pelatihan sengaja dilanjutkan dengan lomba supaya masyarakat betul-betul memiliki kompetensi dalam pengolahan pangan memanfaatkan teknologi. ” Lomba ini sebagai implementasi dari hasil pelatihan,” pungkas Agus Mulyono. 

Artikel ini telah tayang di golkarpedia.com

(Visited 32 times, 1 visits today)