Visit Sponsor

Written by 10:35 am Menteri, Pemilu

Mahfud MD: Koalisi Tiga Parpol Pendukung Anies Baswedan Harus Solid, Supaya Tiket Tidak Hilang

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku masih fokus dengan tugasnya mengawal pemilihan umum (Pemilu) 2024 agar sesuai jadwal. Jawaban itu diungkapkan Mahfud saat dirinya ditemui Presiden Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) Ahmad Syaikhu, Sabtu (15/4/2023).

Isi pembicaraan itu salah satunya membahas skema calon presiden (capres) dan calon wakil presiden ( cawapres) untuk Pemilu 2024.

“Saya tak menjawab ya atau tidak,” kata Mahfud dalam keterangannya, Selasa (18/4/2023) petang. “Sebab fokus saya adalah mengawal pemilu agar berlangsung sesuai kalender,” ujar Mahfud.

Mahfud mengatakan bahwa pembicaraan skema capres dan cawapres dalam pertemuan itu hanya sekilas. “Saya bilang yang harus diutamakan adalah agar koalisi tiga parpol pendukung Anies (Baswedan) tetap solid supaya tiket yang sudah di tangan tidak hilang,” ujar Mahfud. “Jangan sampai mengajak cawapres dari luar parpol, tapi koalisinya malah pecah,” kata dia.

Diketahui, PKS tergabung ke dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bersama Partai Nasdem dan Demokrat. Ketiga partai itu sepakat untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capres 2024.

Mahfud mengungkapkan, Ketua Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan PKS Almuzammil Yusuf juga ada dalam pertemuan antara dirinya dan Ahmad Syaikhu itu.

“Ada juga Wasekjen PKS dan aktivis PKS Yogya Abdul Azis. Kami berdiskusi tentang kalender politik 2024. Saya menyatakan bahwa Pemilu 2024 akan jadi. Pemerintah akan mengawal kalender konstitusional itu,” kata Mahfud.

“Ada juga Wasekjen PKS dan aktivis PKS Yogya Abdul Azis. Kami berdiskusi tentang kalender politik 2024. Saya menyatakan bahwa Pemilu 2024 akan jadi. Pemerintah akan mengawal kalender konstitusional itu,”

Mahfud MD

Diberitakan sebelumnya, Presiden Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) Ahmad Syaikhu mengaku mendatangi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polbukam) Mahfud MD saat melakukan safari ke sejumlah tokoh bangsa dalam mencari sosok cawapres pendamping Anies Baswedan.

Di antara sejumlah tokoh yang Syaikhu datangi, salah satunya adalah Mahfud. “Ya tadi saya bilang, kita silaturahmi ke Pak Mahfud,” ujar Syaikhu saat ditemui di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2023).

Syaikhu menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir, dirinya banyak bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh bangsa.

Dia secara spesifik mengakui kalau tujuannya berkeliling adalah untuk mencari sosok pendamping Anies di Pilpres 2024. “Dalam rangka mencari siapa pasangan Pak Anies Rasyid Baswedan,” ucapnya. Menurut Syaikhu, sosok-sosok yang dia datangi adalah tokoh-tokoh yang kerap muncul dalam survei terkait Pilpres 2024.

“Dalam rangka mencari siapa pasangan Pak Anies Rasyid Baswedan,”

Ahmad Syaikhu

Hanya, Syaikhu enggan membocorkan identitas sejumlah tokoh yang telah ia datangi.

“Itu saya berusaha untuk mendatangi, berkomunikasi. Dan mungkin setelah lengkap, saya akan laporkan pada Ketua Majelis Syura, dibawa kepada Musyawarah Majelis Syura,” kata Syaikhu. Dalam pertemuan dengan tokoh-tokoh bangsa ini, Syaikhu mengatakan dirinya meminta kesediaan sosok itu untuk menjadi cawapres Anies.

Syaikhu menekankan kunjungannya ini dalam rangka mencari cawapres, termasuk kunjungan ke Mahfud MD.

“Tokoh-tokoh yang lain juga akan kita datangi, silaturahmi, kita minta pendapatnya, kita minta juga sharingnya. Bahkan kita tanya juga untuk mencapreskan… Men cawapreskan. Karena saya saat ini fokusnya mencari cawapres,” imbuhnya.

Sebagai informasi, PKS tergabung ke dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan bersama Nasdem dan Demokrat. Mereka bertiga sepakat untuk mendukung Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

Silahkan baca artikel sumber klik disini.

(Visited 51 times, 1 visits today)