Visit Sponsor

Written by 8:57 pm Pemilu

Peta Sebaran Pendukung Capres-Cawapres di Jatim Versi Survei Poltracking

Jakarta, Rakyat Menilai –– Survei Poltracking menunjukkan peta sebaran pendukung pasangan calon presiden-wakil presiden di wilayah aglomerasi-kultural di Jawa Timur (Jatim).

Mayoritas wilayah di Jatim mendukung paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran.
Survei ini dilakukan pada 25 sampai 31 Januari 2024 dengan jumlah responden 8.000 di Jawa Timur. Margin of error (MoE) survei ini adalah +-1,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Pengumpulan data dengan wawancara tatap muka langsung dengan responden. Populasi survei warga di Provinsi Jawa Timur yang sudah memiliki hak pilih berusia lebih dari 17 tahun atau sudah menikah.

“Peta sebaran ini menggambarkan kekuatan elektabilitas pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden berdasarkan Wilayah Aglomerasi – Kultural. Pemilih di wilayah Arek, Mataraman, Tapal Kuda, Pantura cenderung kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sementara pemilih Madura kompetitif antara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka,” bunyi rilis Poltracking yang dirilis, Selasa (6/2/2024).

Berikut rincian jelasnya:

1. Wilayah Arek (Jombang, Malang, Kota Malang, Mojokerto, Kota Mojokerto, Sidoarjo, Kota Surabaya, Kota Batu) dengan populasi sampel 27,1%;

– Anies Baswedan-Muhaimin: 15,8%
– Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 56,3%
– Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 22,5%
– tidak tahu/tidak jawab: 5,4%

2. Wilayah Mataraman (Blitar, Kota Blitar, Kediri, Kota Kediri, Madiun, Kota Madiun, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung) dengan sampel 25,9%;

– Anies Baswedan-Muhaimin: 7,6%
– Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 60,3%
– Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 23,65
– tidak tahu/tidak jawab: 8,5%

3. Wilayah Tapal Kuda (Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasuruan, Kota Pasuruan, Probolinggo, Kota Probolinggo, Situbondo) dengan sampel 24,3%;

– Anies Baswedan-Muhaimin: 15,3%
– Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 64,8%
– Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 12,2%
– tidak tahu/tidak jawab: 7,7%

4. Wilayah Pantura (Bojonegoro, Gresik, Lamongan, Tuban) dengan sampel 12,8%;

– Anies Baswedan-Muhaimin: 11,0%
– Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 67,6%
– Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 12,3%
– tidak tahu/tidak jawab: 9,1%

5. Wilayah Madura (Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Sumenep) dengan sampel 9,9%;

– Anies Baswedan-Muhaimin: 34,0%
– Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 46,0%
– Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 12,1%
– tidak tahu/tidak jawab: 7,9%.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR, mengatakan Prabowo-Gibran juga unggul di 32 kabupaten/kota. Sedangkan Ganjar-Mahfud diprediksi unggul di tiga kota, dan Anies-Muhaimin di dua kota.

“Dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur data indikatif berdasarkan survei pada tanggal 25-31 Januari 2024 dengan 8.000 responden, dari 38 Kabupaten Kota itu yang unggul pasangan 02 Prabowo-Gibran unggul berpotensi di dari 38 berarti (unggul) di sekitar 32 kabupaten kota,” kata Hanta.

“Sementara Ganjar masih potensi unggul di empat kabupaten terutama di tiga kabupaten Mataraman dan itu memang basisnya PDIP. Jadi Ganjar diproyeksi akan unggul di tiga kota Jawa Timur yaitu Kota Madiun, Kediri, dan Kota Batu. Sementara Anies Baswedan di 2 kabupaten yaitu di Kabupaten Sampang dan di Probolinggo,” imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di detik(dot)com, Klik untuk baca!

(Visited 247 times, 1 visits today)