Visit Sponsor

Written by 4:37 pm Parlemen

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Dewi Asmara: Linmas Ujung Tombak Masyarakat Dalam Mengawal Nilai-nilai Pancasila

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Dewi Asmara menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika), di Aula Gedung BK3D Jl. Raya Sukabumi, Cibadak, Kec. Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (25/04/2023).

Dewi Asmara mengatakan Linmas merupakan ujung tombak dalam masyarakat dalam mengawal perwujudan nilai-nilai dari Pancasila yaitu Mahasiswa mampu menjalin toleransi dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam Pembangunan Nasional Linmas mempunyai peran aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan. Lebih lanjut Dewi mengatakan 4 Pilar Kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan pada seluruh generasi bangsa Indonesia, menurut dia, agar kehidupan bangsa Indonesia semakin kokoh, serta masyarakat bisa memahami dan melaksanakan Pancasila, juga secara konsekuen menjaga sendi-sendi utama lainnya, yakni UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini menjadi penting karena ada tanggungjawab kita bersama untuk membentengi para remaja kita dengan nilai-nilai Pancasila yang diwariskan oleh para pendiri bangsa,” kata Dewi Asmara yang merupakan legislator perempuan DPR RI asal Dapil 4 Jawa Barat yang meliputi Kota dan Kabupaten Sukabumi.

“Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini menjadi penting karena ada tanggungjawab kita bersama untuk membentengi para remaja kita dengan nilai-nilai Pancasila yang diwariskan oleh para pendiri bangsa,”.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Dewi Asmara

Penyampaian materi Empat Pilar Kebangsaan kali ini terasa spesial karena disampaikan kepada para anggota linmas.
“Para anggota linmas ini penting dalam mendukung mereka saat menjalankan tugas,” kata politikus perempuan Partai Golkar tersebut.

Dalam melaksanakan tugas membantu menjaga keamanan dan ketertiban, didukung dengan pemahaman tentang kebangsaan. “Melaksanakan penindakan tanpa pemahaman tentang kebangsaan dikhawatirkan justru menjadi bumerang,” tambahnya.

Waketum Depinas SOKSI ini melihat peran penting linmas yang berinteraksi secara langsung dengan masyarakat sipil,Melalui wawasan kebangsaan ini, lanjut dia, para anggota linmas tahu bagaimana harus bersikap saat bertugas.

“Setiap hari berinteraksi dengan warga. Akan tetapi, kalau tidak tahu, bagaimana harus bersikap justru akan jadi bumerang,” tutur anggota Komisi IX DPR RI ini

Ia juga menyoroti pentingnya tugas linmas dalam mendukung kelancaran penyelenggaraan pesta rakyat pemilu 2024 tahun depan.

Untuk itulah, Dewi Asmara merasa perlu mengajak masyarakat untuk membantu peran Linmas dalam menjaga dan menanamkan nilai-nilai luhur bangsa dalam bentuk sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang mencakup: Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dewi menambahkan bahwa sosialisasi ini merupakan agenda rutin menyapa konstituen dari DPR RI. Selain mengutamakan silaturrahmi, Dewi juga menyampaikan ke masyarakat atau konstituen bahwa dirinya kini berada di Komisi IX DPR RI.

(Visited 34 times, 1 visits today)