Visit Sponsor

Written by 7:56 am Parlemen

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Sarmuji Dukung Pengembangan Jaringan Peta Gas Nasional

Jakarta, Rakyat Menilai – Tim Komisi VI DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) ke PT. Perusahaan Gas Negara (PGN), Provinsi Banten. Kunjungan ini dalam rangka pengawasan PT. PGN, khususnya terkait kinerja dan kontribusi tentang jaringan peta gas. Ketua Tim Kunspik Komisi VI DPR RI Sarmuji menjelaskan bahwa PT. PGN secara nasional di tahun 2022 telah memperoleh keuntungan yang lebih besar.

“Jaringan peta gas ini penting, mengingat pemanfaatan jaringan untuk rumah tangga dan industri, (yang) dimaksudkan sebagai peluang untuk menggantikan subsidi LPG sangat besar. Setiap tahunnya mencapai ratusan triliun. Kalau itu berhasil dipertahankan, bahkan ditingkatkan, maka subsidi (LPG) akan berkurang,” ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR RI tersebut usai melakukan pertemuan dengan PT. PGN di Banten, Rabu (05/07/2023).

Politisi Fraksi Partai Golkar ini menemukan ada kendala dalam pemanfaatan bahan bakar gas bumi untuk rumah tangga dan industri. Hal ini terjadi karena terbatasnya infrastruktur yang menghubungkan gas bumi dari sumbernya ke konsumen.

BACA JUGA

Sarmuji Sebut Kalau Koalisi Golkar Gerindra Terwujud, Insya Allah Kami Dukung

“Kita melihat ada beberapa jaringan infrastruktur pipa yang belum tersambung. Misalnya, untuk pemetaan ke arah Cirebon dari Batang, serta sebagian di Sumatera.  Dengan demikian kegiatan perencanaan tidak akan efektif dan efesien,” pungkasnya.

Sarmuji pun menambahkan bahwa penugasan ini belum berjalan maksimal. Selain jaringan infrastruktur pipa, harga di hulu juga menjadi kendala. “Kalau itu dipaksakan, pastinya akan berisiko. Tetapi kalau kita bisa sama-sama mengerti, kemudian pemerintah ikut mengambil kebijakan, pastinya program ini akan mudah dijalankan,” tutupnya.

Artikel ini sudah tayang di portal berita golkarpedia.com pada Rabu, 5 Juli 2023 >>Judul Artikel: Sarmuji Dorong PGN Kembangkan Jaringan Peta Gas Nasional

(Visited 28 times, 1 visits today)