Visit Sponsor

Written by 11:14 am Pemilu

Bamsoet Kembali Terpopuler Ungguli 84 Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI, Berdasarkan Banyaknya Pemberitaan

Jakarta, Rakyat Menilai-Bambang Soesatyo atau Bamsoet sapaan akrabnya untuk kesekian kalinya mendapat predikat sebagai anggota DPR RI dari fraksi Partai Golkar terpopuler berdasarkan riset Golkarpedia. Riset mengenai anggota DPR RI terpopuler ini menggunakan jumlah pemberitaan sebagai indikator popularitas.

Maka tidak heran yang menduduki posisi 4 besar hanya nama-nama itu saja yang muncul. Yaitu nama-nama yang sering dikutip pernyataan atau komentarnya oleh media, sehingga jadi sumber pemberitaan.

Seperti diketahui anggota DPR disebut juga sebagai anggota parlemen. Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Nah menjadi mengherankan jika anggota parlemen hanya diam, padahal banyak persoalan bangsa, negara dan pemerintahan yang perlu diapresiasi ataupun justru dikritisi tapi malah irit bicara dengan alasan takut dipecat.

Berangkat dari alasan tersebut, mana Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan September 2023. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Dan semakin kontroversi sebuah komentar anggota DPR makan 9ooo9 menarik media untuk mengutipnya atau sering disebut sebagai ‘media darling’, sebaliknya pernyataan yang datar-datar saja kurang diminati media untuk diberitakan.

Untuk urutan pertama, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Bamsoet merupakan legislator Partai Golkar yang duduk sebagai Ketua MPR RI.

Bamsoet pada periode September 2023 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 1.411 pemberitaan. Jangkauan pemberitaan mengenai Bamsoet sendiri sangat besar, mencapai 8,2 juta reach. Berita mengenai Bamsoet didominasi oleh pesan Bamsoet tentang peningkatan kualitas perguruan tinggi di Indonesia.

Selain itu ada pula pemberitaan tentang ucapannya tentang arah dukungan Partai Golkar di Pilpres 2024 yang bakal ditegaskan melalui forum Rapimnas. Kemudian tentang pertemuannya dengan IKANO UNPAD, pada kesempatan itu, Bamsoet mendorong agar para notaris ikut adaptasi dengan kemajuan tekhnologi yang ada.

Urutan kedua, ada nama Ahmad Doli Kurnia yang menjabat sebagai Ketua Komisi II DPR RI. Komisi II DPR membidangi urusan dalam negeri, sekretariat negara dan Pemilu. Ahmad Doli Kurnia pada September 2023, memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 737 berita dengan jangkauan mencapai 5,7 juta reach.

Berita mengenai Ahmad Doli Kurnia di antaranya adalah tentang kabar perpanjangan masa pendaftaran Capres dan Cawapres hingga tanggal 19-25 Oktober 2023 yang disetujui oleh Komisi II DPR RI. Kemudian tanggapan Doli Kurnia tentang wacana Ridwan Kamil yang akan diambil PDIP sebagai pendamping Ganjar Pranowo. Ada pula pemberitaan mengenai kabar tenggat waktu pelaksanaan Pilkada yang bakal diatur melalui Perppu.

Di tempat ketiga ada nama, Ace Hasan Syadzily, ia duduk sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI yang membidangi urusan agama dan bidang sosial. Ace Hasan Syadzily memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 492 pemberitaan dan jangkauan beritanya adalah sebesar 3,3 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Ace Hasan Syadzily di antaranya adalah mengenai kunjungannya ke TPA Sarimukti dan solusi penanganan sampah di Bandung. Lalu terkait dengan ketidaksetujuannya mengenai terkait wacana pesantren dijadikan sarana atau tempat berkampanye politik.

Selanjutnya ada pula pemberitaan tentang penolakannya terhadap penayangan film His Only Son yang sempat memicu pro dan kontra di kalangan masyarakat. Tentang evaluasi penyelenggaraan haji 2023 dan persiapan penyelenggaraan Haji tahun 2024 juga turut menjadi fokus berita Ace Hasan Syadzily.

Posisi keempat ada nama Dave Akbarshah Fikarno atau akrab disapa Dave Laksono, anggota Komisi I DPR RI. Komisi ini membidangi lingkup tugas luar negeri, informasi telekomunikasi, pertahanan keamanan dan intelijen. Di September 2023, Dave Laksono memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 356 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 3,3 juta reach.

Pemberitaan mengenai Dave Laksono didominasi oleh tanggapannya mengenai kabar Presiden Jokowi yang mendapatkan laporan intelijen mengenai arah politik Parpol di Pemilu 2024. Bagi Dave Laksono hal tersebut bukanlah hal aneh yang harus diperdebatkan. Kemudian ada pula berita tentang kunjungan kerja yang dilakukan Dave Laksono ke Huawei Joint Innovation Centre.

Hal lainnya adalah tentang kode yang dilemparkan oleh Dave Laksono terkait partai biru yang bakal bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Belakangan partai yang dimaksud adalah Partai Demokrat. Selain itu ada juga pemberitaan yang memuat imbauan Dave Laksono pada MK agar tak mengakomodir kepentingan orang per orang.

Pada September 2023, kami melakukan pembaharuan dari yang sebelumnya ada 10 orang menjadi hanya 4 orang yang kami cantumkan. Penyempitan yang kami lakukan dalam rangka turut mensosialisasikan nomor urut 4 milik Partai Golkar. Hingga nomor 4 nanti akan menjadi top of mind di publik jika disebutkan terus menerus.

Daftar mengenai 4 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode September 2023

1. Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
Total: 1.411 pemberitaan
Reach: 8,2 juta jangkauan

2. Ahmad Doli Kurnia
Ketua Komisi II DPR
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
Total: 737 pemberitaan
Reach: 5,7 juta jangkauan

3. Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR
Ketua DPD I Partai Golkar Jabar
Total: 492 pemberitaan
Reach: 3,3 juta jangkauan

4. Dave Laksono
Anggota Komisi I DPR
Ketua Umum PPK Kosgoro 1957
Total: 356 pemberitaan
Reach: 3,3 juta jangkauan {golkarpedia}

(Visited 150 times, 1 visits today)