Visit Sponsor

Written by 11:51 am Presiden

Disebut ‘Orang Dekat’ Jokowi, Jenderal Agus Subiyanto: Saya Berdinas Tidak Hanya di Solo

Jakarta, Rakyat Menilai –Karir Agus melesat karena dipromosikan menjadi Panglima TNI setelah menjabat Kepala Staf Angkatan Darat selama sepekan.

Sosok Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto sering dikaitkan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, langkah Agus menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono disebut karena kedekatan dengan Presiden Jokowi.

Karir Agus melesat karena dipromosikan menjadi Panglima TNI setelah menjabat Kepala Staf Angkatan Darat selama sepekan.

Menanggapi hal itu, Agus mengaku dekat dengan Presiden Jokowi karena sempat berdinas di Solo, Jawa Tengah. Agus Subiyanto pernah menjabat sebagai Dandim 0735/Surakarta (2009-2011) saat Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo 2005-2012.

“Jadi memang saya itu berdinas tidak hanya di Solo. Mungkin kebetulan waktu saya di Solo bertemu dengan Pak Jokowi,”
kata Agus saat konferensi pers di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (13/11).

Dia pun menjelaskan, kedekatan dengan tokoh lain tak hanya saat berdinas di Solo, namun juga saat berdinas di Palu hingga Jawa Barat.

Agus dekat dan memiliki hubungan baik dengan Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Mantan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

“Saya pernah jadi Danrem di Palu, ketemu juga Pak Longki, Pasha Ungu sampai sekarang dekat hubungannya. Kebetulan saya pernah Danrem di Bogor ketemu juga dengan Bima Aria, terus Lak Dedi wakilnya sampai sekarang kita dekat. Terus saya pernah Pangdam III Siliwangi dengan Pak Ridwan Kamil dan Pak Uu saya dekat juga,”
ungkap dia.

Oleh karena itu, kata Agus, kedekatan dengan berbagai tokoh lantaran tanggung jawab semasa dia bertugas. “Jadi bagi saya pada saat saya menjabat saya selalu melaksanakan tugas ya bareng-bareng dalam bentuk forkopimda itu,” imbuh Agus.

Diketahui, dekat Agus dengan Jokowi terjalin saat menjabat sebagai Dandim 0735/Surakarta periode 2009 sampai 2011 ketika Jokowi menjabat Wali kota Surakarta.

Presiden Jokowi pun mengusulkan nama Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono. DPR telah menerima surat presiden (surpres) yang berisi nama Agus.

Agus diusulkan menjadi Panglima TNI saat baru beberapa hari menjabat sebagai Kasad. Dia dilantik Presiden Jokowi pada 25 Oktober 2023 menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.

Komisi I DPR RI pun telah menggelar uji kelayakan dan uji kepatutan (fit and proper test) dan telah disetujui Agus Subiyanyo sebagai calon Panglima TNI.

Silahkan baca artikel sumber di {merdeka}

(Visited 31 times, 1 visits today)