Visit Sponsor

Written by 11:12 am Parpol

Siapa Sajakah 4 Politisi Muda Partai Golkar Terpopuler Periode Agustus 2023 Versi Golkarpedia?

Suara Golkar, Rakyat Menilai – Sebagai partai tertua di Indonesia, Partai Golkar cukup produktif dalam persoalan regenerasi dan pengkaderan. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya politisi-politisi muda nan produktif duduk di berbagai tingkat kepemimpinan baik eksekutif dan legislatif dari Partai Golkar.

Sebut saja nama Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo yang menjadi panglima pemberdayaan kepemudaan di tingkatan eksekutif sebagai Menpora RI. Kemudian ada nama lain seperti Dyah Roro Esti, Puteri Komarudin, Ravindra Airlangga, Adrian Jopie Paruntu di tingkatan legislatif pusat, DPR RI.

Nama lebih banyak tersebar di tingkatan kepemimpinan daerah seperti Aditya Halindra Faridzky dan Dico Ganinduto sebagai kepala daerah yang memiliki usia relatif muda. Selain itu ada nama Sekar Tandjung, Ilyas Akbar Almadani, Dimaz Raditya Soesatyo, Rob Clinton Kardinal, Adiel Muhammad Kanantha, Ilham Permana dan Rian Ernest bisa jadi mewakili kelompok muda yang masih akan mekar di masa depan.

Karena merasa bahwa masa depan Partai Golkar terproyeksi cerah dengan keberadaan para politisi muda ini, kami redaksi Golkarpedia mencoba menelisik popularitas mereka dengan indikator kuantitas pemberitaan pada waktu periode tertentu, dalam hal ini periode satu bulan pemberitaan.

Pemberitaan bisa menjadi indikator penting dari popularitas seorang figur. Dengan banyaknya pemberitaan maka akan semakin berpotensi pula seseorang dikenal oleh publik. Terlepas dari isu apa yang diwacanakan dalam pemberitaan tersebut, amplifikasi dari penyebutan figur dalam sebuah pemberitaan membuat masyarakat semakin mengenal tokoh tersebut.

Sedangkan untuk figur muda yang kami lakukan riset, sebelumnya kami batasi pada usia 40 tahun. Batas usia 40 tahun ini melebihi ketentuan UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan yang menyebut bahwa rentang usia muda berada di batas usia 16 sampai dengan 30 tahun. Tetapi kami memiliki alasan bahwa dalam perjalanan karir politik seseorang, pada usia 30 tahun masih belum terlalu panjang dan terlihat di ranah publik.

Berdasarkan hasil riset kami dengan mengambil sampel 15 nama politisi muda Partai Golkar, kami menemukan 4 figur utama politisi muda Partai Golkar yang memiliki jumlah pemberitaan terbanyak pada periode Agustus 2023. Untuk figur pertama ada nama Menpora RI, Dito Ariotedjo yang menyandang predikat sebagai politisi muda Partai Golkar terpopuler di bulan Agustus 2023.

Pada periode Agustus 2023, Dito Ariotedjo memiliki pemberitaan sebanyak 2.043 berita dengan reach mencapai 12,6 juta jangkauan atas pemberitaan yang dimilikinya. Posisinya sebagai menteri membuatnya ada dalam posisi menguntungkan untuk menghasilkan banyak pemberitaan. Kami mencatat, tak seharipun website resmi Kemenpora absen untuk mengabarkan aktivitas dan kegiatan Menpora Dito Ariotedjo.

Ditambah dengan amplifikasi dari berbagai media pemberitaan, maka jumlah berita terkait Dito Ariotedjo memang cukup berlimpah. Pada Agustus 2023, pria kelahiran 25 September 1990 ini banyak disorot mengenai apresiasinya yang dialamatkan untuk apparel sport Mills yang kuasai pangsa pasar olahraga Indonesia dengan produk berkualitas.

Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar ini juga tercatat memiliki banyak sorotan pemberitaan atas pernyataannya mengenai kabar duet Capres Anies – Cak Imin di penghujung bulan Agustus. Saat menerima perwakilan OKI di Kantor Kemenpora, pernyataan soal persiapan PON, serta kehadirannya di Kreativesia Solo juga menjadi pemberitaan yang diminati oleh publik.

Politisi muda Partai Golkar terpopuler kedua masih berada di jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, yakni Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Untuk periode Agustus 2023, Jerry Sambuaga memiliki pemberitaan sebanyak 411 berita dengan jangkauan mencapai 1,8 juta reach sepanjang periode tersebut.

Pemberitaan terkait Jerry Sambuaga diantaranya adalah mengenai ajakannya kepada mahasiswa agar berani mengembangkan nilai kompetitif. Lalu kinerja cemerlang pria yang genap berusia 38 tahun pada 2 Juli lalu sebagai Wamendag membuat peningkatan ekspor Indonesia kompetitif. Selain itu ada pula upaya Wamendag Jerry Sambuaga agar para pelaku UMKM menggunakan QRIS pada setiap transaksi.

Sebagai Ketua Umum DPP AMPI, Jerry Sambuaga banyak mendapat pemberitaan dari aktivitasnya melantik jajaran pengurus DPLN AMPI seperti di Inggris, Korea dan negara lainnya. Jerry juga turut disorot atas penunjukannya sebagai Ketua Delegasi Indonesia saat forum pertemuan menteri ekonomi ASEAN.

Bupati termuda di Jawa Timur, Aditya Halindra Faridzky menjadi sosok politisi muda Partai Golkar terpopuler yang berada di urutan ketiga. Pria kelahiran 15 April 1992 ini cukup mendapat banyak pemberitaan pada Agustus 2023. Total ada 191 pemberitaan dengan reach sebesar 1,1 juta jangkauan yang menyebut namanya selama periode satu bulan.

Pemberitaan mengenai Aditya Halindra Faridzky banyak tersiar atas kabar perjodohan dirinya dengan pedangdut cantik, Happy Asmara. Kemudian ada juga pemberitaan tentang pertemuan dirinya dengan 80 Ormas yang ada di Kabupaten Tuban, daerah yang dipimpinnya. Lalu ada pula kabar tentang refleksi kemerdekaan yang disampaikannya saat memimpin upacara HUT RI Ke-78 di lingkungan Pemkab Tuban.

Posisi keempat diisi oleh legislator cantik asal Jawa Timur, Dyah Roro Esti Widya Putri. Perempuan kelahiran 25 Mei 1993 ini menjadi salah satu tokoh politisi muda Partai Golkar terpopuler periode Agustus 2023 atas banyaknya pemberitaan yang dimiliki. Total ada 101 pemberitaan dengan jangkauan sebesar 414.015 reach yang berkenaan dengan dirinya.

Dyah Roro Esti yang duduk di Komisi VII DPR RI dengan lingkup tugas di bidang energi, riset dan teknologi serta lingkungan hidup ini memang memiliki modal besar atas kamera para pewarta yang diarahkan kepadanya. Muda, cantik dan cerdas menjadi gambaran dari diri Dyah Roro Esti.

Untuk periode Agustus 2023, pemberitaan mengenai diri Dyah Roro Esti diantaranya adalah mengenai interupsi yang dilakukannya di Rapat Paripurna DPR dan mengusulkan agar membentuk Pansus penanganan polusi udara. Sebagai Anggota BKSAP DPR RI, Dyah Roro Esti juga banyak mendapat pemberitaan saat memimpin sidang Young Parliamentarians of AIPA (YPA) dan mendorong keterlibatan pemuda untuk pembangunan yang inklusif.

Kami menempatkan 4 orang tokoh politisi muda Partai Golkar terpopuler dari sekian banyak nama yang kami lakukan riset. Pengambilan jumlah sebanyak 4 tokoh yang dipublikasi ini semata-mata untuk mengkampanyekan nomor urut Partai Golkar agar menjadi top of mind di masyarakat.

Daftar 4 tokoh politisi muda Partai Golkar terpopuler ini dapat terus berubah seiring waktu, sesuai dengan jumlah publikasi serta pemberitaan yang mereka peroleh pada periode waktu tertentu, dalam hal ini selama satu bulan. Diharapkan dengan adanya riset ini, generasi muda di Partai Golkar lebih dapat berkarya mengisi ruang-ruang diskursus publik dan menunjukkan taji bahwa memang Partai Golkar gudangnya anak muda inovatif dan kreatif.

Kader dan Politisi Muda Partai Golkar Terpopuler Periode Agustus 2023 Berdasar Kuantitas Pemberitaan:

1. Dito Ariotedjo
Menpora RI
Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar
Total: 2.043 Pemberitaan
Reach: 12,6 Juta Jangkauan

2. Jerry Sambuaga
Wamendag RI
Ketua Umum DPP AMPI
Total: 411 Pemberitaan
Reach: 1,8 Juta Jangkauan

3. Aditya Halindra Faridzky
Bupati Tuban
Ketua DPD II Partai Golkar Tuban
Total: 191 Pemberitaan
Reach: 1,1 Juta Jangkauan

4. Dyah Roro Esti
Anggota Komisi VII DPR
Wabendum DPP Partai Golkar
Total: 101 Pemberitaan
Reach: 414.015 Jangkauan.

Silahkan baca artikel sumber di golkarpedia.com

(Visited 124 times, 1 visits today)